PENDEKATAN KONSELING TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGEMBANGKAN RENCANA PILIHAN KARIR PENYANDANG DISABILITAS DI SENTRA “BUDI PERKASA” PALEMBANG

Wulandari, Sindi (2023) PENDEKATAN KONSELING TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGEMBANGKAN RENCANA PILIHAN KARIR PENYANDANG DISABILITAS DI SENTRA “BUDI PERKASA” PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini. 1) Mengetahui Program-Program yang ada di Senta Budi Perkasa Palembang, 2) Mengetahui Langkah-Langkah pendekatan konseling Trait and Factor di Sentra Budi Perkasa Palembang, 3) Mengetahui dampak Bimbingan Karir dengan pendekatan konseling Trait and Factor dalam meningkatkan kemampuan pemilihan karir penyandang disabilitas di Sentra Budi Perkasa palembang. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh peneliti di Sentra Budi Perkasa Palembang. Adapun yang menjadi informan dalam dalam penelitian ini adalah pekerja sosial, penyandang disabilitas, dan instrument vokasional di Sentra Budi Perkasa Palembang. Hasil penelitian ini menunjukan Program-Program yang ada di Sentra Budi Perkasa Palembang ada beberapa macam Program yaitu bimbingan Fisik terdiri dari olahraga, fsioterapi, dan bimbingan alat bantu serta penggunaanya. Bimbingan Mental terdiri dari bimbingan agama, kedisiplinan dan psikologi. Bimbingan Sosial terdiri dari gotong royong, terapi kelompok, dan kegiatan rekreatif widya wisata. Bimbingan vokasional terdiri dari Bimbingan keterampilan, Bimbingan kewirausahaan dan Bimbingan praktek magang. Pendekatan Konseling Trait and Factor terdapat 6 langkah yaitu Analisis, sintesis, Diagnosis, Prognosis, Treatment, follow. Dampak dari Bimbingan Karir yaitu mengajarkan klien keterampilan membuat keputusan membantu untuk dapat menilai karakteristik dengan lebih efektip dan mengaitkan diri dengan kriteria psikologi dan sosial yang signifikan, untuk memahami dirinya sehingga membantu memahami karakteristik psikologi yang melekat pada diri, memahami lingkungan pekerjaan dan memahami hubungan antar sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Trait and Factor, Rencana Pilihan Karir, Penyandang disabilitas.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: SINDI WULANDARI 1930502119
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:35
Last Modified: 15 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item