ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE SISTEM DROPSHIPPING (STUDI KASUS DROPSHIPPER SHOPEE MAHASISWA FEBI UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

Putri, Refi Widia (2023) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE SISTEM DROPSHIPPING (STUDI KASUS DROPSHIPPER SHOPEE MAHASISWA FEBI UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang mekanisme Jual Beli Onliine dengan sistem Dropshipping yang dilakukan Dropshipper Shopee. Konsep jual beli online sistem dropshipping ini menimbulkan fenomena baru dimana penjual (dropshipper) tidak menyetok dan memiliki melihat secara langsung barang yang akan diperjualbelikan, dropshipper juga tidak melakukan pengiriman barang, karena supplier barang tersebut yang akan mengirimkan barang kepada konsumen dengan menyertakan nama dropshipper sebagai pengirim, namun konsumen tidak mengetahui hal tersebut. Dalam kaitannya bahwa jual beli dalam ekonomi Islam haruslah berdasarkan prinsip/nilai dasar etika bisnis Islam diantaranya yaitu Tauhid, Keadilan, Kehendak bebas dan lain sebagainya. Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan subyek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang berjualan online dengan menggunakan sistem dropshipping dan memakai aplikasi Shopee dengan sistem dropship yang tawarkan aplikasi tersebut yang terdiri dari 8 Sample. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mekanisme jual beli online dengan sistem dropshipping yang dilakukan oleh dropshipper Shopee Mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang adalah dengan membuat akun Shopee terlebih dahulu, kemudian mencari supplier yang tepat untuk diajak berkerjasama, selanjutnya nanti supplier memberikan gambar atau foto produk yang akan dipasarkan oleh dropshipper. Selanjutnya Analisis Penerapan Ekonomi Islam dalam jual beli online dengan sistem dropshipping yang dilakukan oleh dropshipper Shopee Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang menunjukkan bahwa etika bisnis yang diterapkan dalam jual beli ini masih ada yang tidak sejalan dengan indikator dari prinsip atau nilai dasar etika berbisnis dalam ekonomi Islam dimana terdapat unsur ketidak jelasan terhadap barang yang dijual dropshipper Shopee, karena dropshipper tidak memiliki, mengetahui maupun melihat wujud asli barang secara nyata. Kemudian tidak ada unsur kejujuran (keterbukaan) oleh pihak dropshipper kepada pihak pembeli terkait sistem yang digunakan, selanjutnya terdapat unsur ketidakadilan didalamnya, karena dapat menimbulkan kerugian pada salah satu pihak yaitu pembeli. Kata Kunci: Jual Beli Online, Dropshipping, Dropshipper, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jual Beli Online, Dropshipping, Dropshipper, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Refi Widia putri
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:57
Last Modified: 21 Nov 2023 00:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32772

Actions (login required)

View Item View Item