PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGATASI INFERIORITY FEELING PADA PENERIMA MANFAAT (PM) DI SENTRA BUDI PERKASA PALEMBANG

Dita Puspita Sari, Dita and Dr. Suryati, M. Pd, Suryati and Hartika Utami Fitri, M. Pd, Hartika (2023) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGATASI INFERIORITY FEELING PADA PENERIMA MANFAAT (PM) DI SENTRA BUDI PERKASA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Dakwah Dan Komunikasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DITA PUSPITA SARI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI DITA PUSPITA SARI.docx

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Konseling Individu dengan Teknik Cognitive Restructuring dalam Mengatasi Inferiority Feeling pada Penerima Manfaat (PM) di Sentra Budi Perkasa Palembang”. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini yaitu setiap individu terutama individu penyandang disabilitas fisik harus dapat mengatasi inferiority feeling yang dimilikinya agar dapat hidup dengan pemikiran-pemikiran yang positif dan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran inferiority feeling pada PM penyandang disabilitas fisik dan mengetahui penerapan konseling individu dengan teknik cognitive restructuring dalam mengatasi inferiority feeling pada PM penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palemabang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang PM penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palembang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Guna mencapai tujuan tersebut teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum penerapan konseling individu dengan teknik cognitive restructuring gambaran inferiority feeling pada PM penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palembang masih terlihat sangat jelas yang ditandai dengan PM tersebut masih memunculkan perilaku-perilaku yang mengindikasikan aspekaspek dari inferiority feeling seperti berpikiran negatif terhadap diri sendiri. Selanjutnya setelah penerapan konseling individu dengan teknik cognitive restructuring dilaksanakan inferiority feeling pada PM penyandang disabilitas fisik dapat diatasi secara optimal yang ditandai dengan perubahan dalam pemikirannya yang negatif berubah menjadi pemikiran positif. Dengan demikian penerapan konseling individu dengan teknik cognitive restructuring mampu mengatasi inferiority feeling pada PM penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: DITA PUSPITA SARI 1930502101
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:05
Last Modified: 15 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item