HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP OVERTHINGKING PARA IBU RUMAH TANGGA DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) KOTA PALEMBANG

Putri Risti, Amelia (2023) HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP OVERTHINGKING PARA IBU RUMAH TANGGA DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang “Hubungan Tingkat Religiusitas terhadap Overthingking Para Ibu Rumah Tangga di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) di Kota Palembang”. Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui tingkat Overthingking Para Ibu Rumah Tangga dalam Program (PKBI). Kedua, mengetahui hubungan tingkat religiusitas terhadap Overthingking para ibu rumah tangga dalam program (PKBI) di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan berjumlah populasi 22 orang dengan sampel 12 orang menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji validitas, reliabilitas, linier sederhana dan korelasi (r) program form windows SPSS versi.23. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tingkat overthingking para ibu rumah tangga dalam program PKBI di Kota Palembang berada pada kategori sedang dengan rincian yakni terdapat 8 orang dalam keadaan sedang berpersentase (86%), dan 2 orang dalam keadaan tinggi dengan persentase (7%). Mengatasi sikap overthingking bagi ibu rumah tangga dengan bersikap lebih terbuka dan menempatkan diri dilingkungan yang tingkat religiusitasnya tinggi agar dapat menyeimbangi pikiran yang menimbulkan kecemasan menjadi ketenangan khususnya bagi ibu rumah tangga yang sering berikap overthinking terhadap anak dan suaminya. Kedua, diperoleh nilai sig deviation from linearity sebesar 0.593 > 0.05. kemudian pula pada kolom R Square diperoleh nilai 0.784 hal ini menunjukkan adanya hubungan antara tingkat religiusitas terhadap Overthingking sebesar 78,4% termasuk korelasi yang berkategori kuat. Diperoleh hasil uji Paired Sampel T-Test dari kelompok eksperimen dan kontrol yaitu memiliki nilai signifikansi 0.003 <0.05 dan 0.005<0.05 maka dapat diartikan bahwa adanya hubungan tingkat religiusitas terhadap overthingking para ibu rumah tangga dalam program PKBI di Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Overthingking, PKBI, Religiusitas.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: AMELIA PUTRI RISTI 1930502081
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:52
Last Modified: 20 Dec 2023 03:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33575

Actions (login required)

View Item View Item