EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAZNAS (SIMBA) DALAM PENGELOLAAN DANA ZAKAT DI BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN (STUDI KASUS BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN)

Dwi Putri, Ica Aprianti (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAZNAS (SIMBA) DALAM PENGELOLAAN DANA ZAKAT DI BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN (STUDI KASUS BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Image
COVER.jpeg

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Slideshow
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Zakat yaitu rukun Islam yang hukumnya diwajibkan, perintah zakat juga terdapat didalam Al-Qur’an dan Hadist. Apabila hartanya sudah cukup memenuhi nishab dan haulnya maka wajib untuk membayar zakat mal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) dalam pengelolaan dana zakat di Baznas Provinsi Sumatera Selatan. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pengelolaan dana zakat pada Aplikasi (SIMBA) di Baznas Provinsi Sumatera. (2) Bagaimana efektivitas pengelolaan dana zakat sebelum dan setelah menggunakan Aplikasi (SIMBA) bagi BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Adapun tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana zakat sesudah dan sebelum menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) bagi BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. (2) Untuk mengetahui dan identifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat efektivitas dalam pengelolaan dana zakat melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) di BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskkriptif kualitatif untuk mendeskripsikan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) dalam pengelolaan dana zakat. Tempat yang akan diteliti adalah BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini (1) Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) telah berjalan dengan baik, dan sangat membantu Baznas Provinsi Sumatera Selatan dalam mengelola data para Muzaki dan Mustahik serta dana zakat yang masuk dan keluar, sehingga lebih efisien dan efektif dalam pengelolaannya. (2) Sebelum nya BAZNAS masih menggunakan cara manual membuat staf sedikit kewalahan tapi semenjak BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) meringakan para staf dalam mengelola data serta dana zakat para Mustahiq. Kesimpulan pertama, faktor pendukung dalam penggunaan dari Aplikasi Sistem Informasi manajemen Baznas (SIMBA) ini adanya dukungan dari pimpinan BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan serta infrastruktur tekonologi informasi. Kedua, membantu bagian pengumpulan dan keuangan dalam pengelolaan dana zakat dari proses pembayaran, pengelolaan dan sampai didistribusikan kepada para Mustahiq. Kata Kunci : Pengelolaan Dana Zakat, Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA), BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Zakat, Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA), BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ICA APRIANTI DWI PUTRI 1810604008
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:35
Last Modified: 24 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item View Item