PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK INFOGRAFIS STATIS MATERI SISTEM ORGAN PADA TUBUH MANUSIA DI FASE F UNTUK PENGUATAN PPRA

Monika, Thasya (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK INFOGRAFIS STATIS MATERI SISTEM ORGAN PADA TUBUH MANUSIA DI FASE F UNTUK PENGUATAN PPRA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover .pdf

Download (11kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (252kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka .pdf

Download (386kB)

Abstract

Infografis statis sebagai suatu bahan ajar yang bisa dijadikan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berbentuk infografis statis materi sistem organ pada tubuh manusia di Fase F untuk penguatan PPRA. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar infografis statis yang valid dan praktis. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Biologi bahwa dalam proses belajar mengajar pada materi sisem organ pada tubuh manusia hanya menggunakan bahan ajar berupa PPT (Power Point) dan video yang diambil dari youtube. Akibatnya, minat peserta didik terhadap materi sistem organ pada tubuh manusia masih rendah. Adapun materi yang digunakan dalam infografis statis ini berupa materi pengayaan yang mengandung nilai PPRA yaitu nilai berkeadaban (ta’abbud), berimbang (tawazun), dinamis dan inovatif (tathawwur waibtikar), dan toleransi (tasamuh). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yaitu suatu penelitian membuat, menghasilkan, dan mengembangkan sebuah produk baru. Penelitian ini menggunakan model Plomp tahun 2013 yang dibatasai sampai tahap prototipe. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan angket yang diberikan kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa diperoleh dengan nilai 3.61 dengan kategori sangat valid. dan untuk penilaian angket praktikalitas dengan rata-rata memperoleh nilai 3.64 dengan kategori sangat praktis. Hasil tanggapan tersebut bahwa bahan ajar infografis statis sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Infografis Statis, Nilai PPRA, Pengayaan Materi Sistem Organ pada Tubuh Manusia.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: THASYA MONIKA 2020207034
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:51
Last Modified: 30 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item