UMAROH, GITA (2024) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNONOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) merupakan pendekatan yang menggabungkan antara empat disiplin ilmu yang terintegrasi dalam proses pendidikan dikehidupan nyata, sehingga dapat mengembangkan keterampilan peserta didik dalam belajar seperti keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperiment tipe non-equivalent control group design. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest keterampilan proses sains. Teknik analisis data berupa hasil rata-rata pretest, posttest, N-gain dan uji hipotesis menggunakan uji independent t test. Berdasarkan hasil penelitian, didapat nilai rata-rata 11,67 dengan N-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji independent t test, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima, sehingga disimpulkan adanya pengaruh pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | GITA UMAROH 2020207070 |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34719 |
Actions (login required)
View Item |