IDENTIFIKASI ZOOPLANKTON SEBAGAI BIOINDIKATOR DI SUNGAI SEKANAK KOTA PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA/MA

Opi Walanda, Citra (2023) IDENTIFIKASI ZOOPLANKTON SEBAGAI BIOINDIKATOR DI SUNGAI SEKANAK KOTA PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

Sungai sekanak merupakan anakan dari Sungai Musi, terletak di pusat kota Palembang. Secara fisik, air sungai sekanak telah mengalami perubahan fisik air disebabkan oleh aktivitas warga yang membuang limbah ke sungai sehingga dapat berdampak pada organisme perairan, perlu dilakukan analisis terhadap kualitas air sungai agar memperoleh data yang akurat mengenai kualitas air Sungai Sekanak. Penelitian ini bertujuan agar dapat mendeskripsikan dan membuat kunci determinasi jenis-jenis zooplankton yang digunakan sebagai bioindikator kualitas air Sungai Sekanak dengan didukung hasil pengukuran parameter fisika dan kimia air. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, menggunakan metode eksplorasi dan metode pengembangan media menggunakan model ADDIE dibatasi pada tahap development. Waktu penelitian dimulai pada bulan April-Mei 2023. Hasil penelitian ditemukan 11 jenis zooplankton yakni Paramecium caudatum, Paramecium tetraulia, Centropyxis aculeata, Vorticela microstoma, Keratella cochlearis, Tricocherca pusilla, Philodina roseola, Nauplius cyclops, Cyclops fimbriatus, Oithona rigida dan Cercaria batillaria. Selanjutnya diidentifikasi berdasarkan morfologinya, kemudian disusun ke dalam kunci determinasi. Dari hasil spesies zooplankton yang dijumpai, dihubungkan dengan parameter fisika-kimia air, didapatkan bahwa Sungai Sekanak termasuk kategori tercemar. Hasil penelitian ini dijadikan media dalam pembelajaran biologi berupa ensiklopedia yang dikembangkan, memperoleh nilai rata-rata akhir yaitu 90,5% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia, Identifikasi, Kualitas Air, Sungai Sekanak dan Zooplankton
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: CITRA OPI WALANDA 1930207109
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:01
Last Modified: 31 Jan 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34767

Actions (login required)

View Item View Item