PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V DI MI HIJRIYAH 1 PALEMBANG

Adawiyah, Nyayu Robi'atul (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V DI MI HIJRIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Revisi BAB 1 (1) Nyayu.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Revisi BAB 5 (1) Nyayu.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ada di MI Hijriyah 1 Palembang, yaitu masih terdapat beberapa peserta didik yang belum memahami materi secara sepenuhnya. Guru masih lebih sering menggunakan metode ceramah dan metode drill dalam proses pembelajaran. Guru masih belum sepenuhnya mengimplementasikan lebih beragam media dan model pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji T. Penelitian ini dibantu dengan program SPSS Statistics 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division diperoleh 12 peserta didik yang tuntas (63,1%) dan 7 peserta didik yang tidak tuntas (36,9%). (2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division diperoleh 2 peserta didik yang tuntas (13,3%) dan 13 peserta didik yang tidak tuntas (86,6%). (3) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t atau independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha diterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas V di MI Hijriyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD), Pembelajaran PPKn.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NYAYU ROBI'ATUL ADAWIYAH 1930201119
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:55
Last Modified: 05 Feb 2024 04:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34895

Actions (login required)

View Item View Item