STRATEGI SRIWIJAYA TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL

Novia Azalea Wahyuni, NIM. 14530082 (2018) STRATEGI SRIWIJAYA TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NOVIA AZALEA WAHYUNI (14530082).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sriwijaya TV hadir ditengah-tengah masyarakat Palembang sejak tanggal 15 juni 2006. Kehadirannya sebagai TV lokal yang mampu bertahan sampai saat ini tentu tidakla mudah, bukan hanya bersaing dengan TV nasional, Sriwijaya TV juga harus bersaing dengan TV lokal yang berada pada wilayah siaran yang sama, televisi digital, dan media penyiaran streaming internet lainnya. Maka untuk tetap bertahan dalam industri penyiaran lokal, Sriwijaya TV harus mempunyai strategi-strategi untuk bertahan. Tujuan penelitia untuk mengetahui bagaimana strategi Sriwijaya TV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal, menggunakan teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya, media memerlukan tiga sumber penunjang hidup media yang utama yaitu capital (struktur permodalan dan pemasukan iklan), types of content (jenis isi media), dan types of audience (jenis khalayak sasaran) serta bagaimana strategi Sriwijaya TV dalam mengelola SDM nya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan strategi-strategi yang dilakukan Sriwijaya TV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai TV lokal antara lain: Melakukan strategi program (melakukan perencanaan program, memanfaatkan sosial media dalam mempromosikan programnya, melakukan strategi dalam produksi dan pembelian program, menempatkan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, serta melakukan pengawasan dan evaluasi program), Melakukan segmentasi, targeting dan positioning dalam merebut pasar audien (melakukan segmentasi, memilih target penonton, dan membangun persepsi penonton melalui tagline), Melakukan strategi pemasaran dalam memasarkan programnya (bekerja sama dengan pemerintah dan swasta, mengadakan event-event dan kegiatan off air), dan Melakukan strategi SDM dalam pengembangan SDM Sriwijaya TV (memberikan kesempatan karyawan Sriwijaya TV untuk menyumbangkan ide, memberikan reward dan punishment kepada karyawan Sriwijaya TV, dan memberikan pelatihan kepada karyawan Sriwijaya TV). Kata Kunci: Strategi, Eksistensi, Televisi Lokal, Ekologi Media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item