EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMPERKENALKAN UKMK LDK REFAH PADA MAHASISWA BARU TAHUN 2022 UIN RADEN FATAH PALEMBANG

EUREKA, LIRANIRA CARTENZ (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMPERKENALKAN UKMK LDK REFAH PADA MAHASISWA BARU TAHUN 2022 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Liranira Cartenz Eureka, Repository UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI LIRANIRA CARTENZ EUREKA.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di era digitalisasi yang mendukung internet saat ini, sangat sulit untuk mempertahankan konsumsi media online. Dalam memperkenalkan UKMK pada mahasiswa baru angkatan 2022, UIN Raden Fatah Palembang mendorong setiap UKMK untuk berinovasi dan berkembang semaksimal mungkin. Hal ini dilakukan untuk mencari regenerasi organisasi baru dalam menjalankan organisasi di masa yang akan datang. Salah satu UKMK yang berperan aktif dalam situasi ini adalah UKMK LDK Refah, di mana UKMK tersebut menggunakan media sosial yaitu instagram untuk mempublikasikan dirinya. Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial instagram dalam memperkenalkan UKMK LDK Refah pada mahasiswa baru tahun 2022 UIN Raden Fatah Palembang. Metode dalam penelitian ini ialah metode-deskriptif-kuantitatif, menggunakan teknik systematic random sampling dengan populasinya yaitu mahasiswa baru tahun 2022 yang mendaftar dan tertarik menjadi anggota LDK Refah dengan jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan Program SPSS Versi 20. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa media sosial instagram memiliki efektivitas yang sangat baik yaitu 80,8% dalam memperkenalkan UKMK LDK Refah pada mahasiswa baru tahun 2022 UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini merujuk pada banyaknya mahasiswa baru tahun 2022 yang tertarik dan mendaftar menjadi anggota UKMK LDK Refah Tahun 2022 yang sebagian besar informasi yang didapatkan oleh mahasiswa baru tahun 2022 tersebut mengenai UKMK LDK Refah bersumber dari akun media sosial instagram @ldkrefah. Kata Kunci : Efektivitas, Media Sosial, Instagram, Mahasiswa Baru.

Item Type: Other
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: LIRANIRA CARTENZ EUREKA 1820503053
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:07
Last Modified: 29 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35307

Actions (login required)

View Item View Item