PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN REMAJA DI PANTI ASUHAN BUNDA.

Zila Mareti, Nindi (2023) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN REMAJA DI PANTI ASUHAN BUNDA. Undergraduate Thesis thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Rehearsal Untuk Membentuk Kemandirian Remaja Di Panti Asuhan Bunda”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar remaja di Panti Asuhan Bunda, serta untuk mengetahui bagaimana strategi konseling kelompok dengan teknik behavioral rehearsal dalam membentuk kemandirian belajar remaja di Panti Asuhan Bunda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, alat pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan kesimpilan/verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang remaja dengan umur 15-18 tahun dan satu orang ketua panti asuhan bunda, adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa kemandirian belajar pada remaja dapat dilihat dari kurangnya sikap bertanggung jawab, kurangnya memiliki ide-ide sendiri, kurangnya berusaha dalam mengejar prestasi,kurangnya mendisiplinkan diri, mudah terpengaruh dengan orang lain atau tidak memiliki keyakinan diri. Tahapan konseling kelompok dengan teknik behavioral rehearsal untuk membentuk kemandirian belajar remaja menggunakan tahapan konseling kelompok yakni tahap awal, tahap peralihan, tahap kegiatan, serta tahap akhir, dan juga tahapan pada teknik behavioral rehearsal adalah praktikan perilaku yang dicontoh, bangun motivasi klien, beri klien umpan balik, berbicara sebagai orang pertama, menyetujui pujian konselor, dan mencoba hal-hal baru yang dapat membentuk kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Behavioral Rehearsal, Kemandirian Belajar.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NINDI ZILA MARETI 1920502042
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:16
Last Modified: 22 Feb 2024 01:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35365

Actions (login required)

View Item View Item