ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI MIN 2 PALEMBANG

FATIMATUZZAHRA, FATIMATUZZAHRA (2024) ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI MIN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
FATIMATUZZAHRA - COVER SKRIPSI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATIMATUZZAHRA - ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
FATIMATUZZAHRA - BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
FATIMATUZZAHRA - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
FATIMATUZZAHRA - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
FATIMATUZZAHRA - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
FATIMATUZZAHRA - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
FATIMATUZZAHRA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kinerja guru di MIN 2 Palembang, (2) untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di MIN 2 Palembang, dan (3) untuk mengetahui dampak implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap kinerja guru di MIN 2 Palembang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan teori. Sehingga hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Kinerja guru MIN 2 Palembang dari aspek perencanaan pembelajaran para guru menyusun Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem). Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar. Kemudian untuk aspek pelaksanaan pembelajaran telah berbasis mata pelajaran juga pembelajaran berbasis proyek yakni P5 sudah diterapkan. Terakhir dari aspek evaluasi ada 3 macam asesmen yaitu asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Palembang dilakukan serentak dari kelas I - VI. Pembelajaran Berbasis Projek juga sudah ada untuk projek dilakukan di akhir semester, (3) dampak positif implementasi Kuirkulum Merdeka Belajar terhadap kinerja guru ialah adanya modul ajar yang lebih sederhana dibandingkan RPP, pembelajaran berbasis mata pelajaran membuat guru lebih fokus, guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan adanya pembelajaran berbasis proyek dan 3 macam asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang tersusun baik. Sedangkan untuk dampak neatif atau kendala yang dirasaakan para guru ialah sulitnya menganalisis CP yang akan dicapai peserta didik, sulitnya menyusun ATP berdasarkan (CP), Masih kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi, Guru sulit menanamkan karakter Profil Pelajar Pancasila dengan karakteristik peserta didik yang beragam dan terakhir guru juga kesulitan menentukan asesmen yang cocok dengan materi. Kata Kunci: Dampak Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dampak Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Kinerja Guru
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FATIMATUZZAHRA 2020201059
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:02
Last Modified: 28 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35508

Actions (login required)

View Item View Item