Tinjauan Hukum Islam Tentang Pemenuhan Hak Anak Oleh Orang Tua Single Parent (Studi kasus Desa Talang Balai Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir)

ningsi, Rara yunia (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Pemenuhan Hak Anak Oleh Orang Tua Single Parent (Studi kasus Desa Talang Balai Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI RARA TANPA LAMPIRAN.docx

Download (508kB)
[img] Text
SKRIPSI RARA TANPA LAMPIRAN.docx

Download (508kB)

Abstract

Single parent merupakan sosok yang sangat kuat dalam menghadapi beratnya kehidupan, terutama seorang ibu single parent. Menjadi seorang ibu single parent bukanlah hal yang mudah bagi semua orang yang bisa menjalankan peran ganda yaitu menjalankan perannya sebagai ibu juga menjalankan perannya sebagai ayah. Ibu sebagai single parent harus bisa berperan sebagai metode penelitian pencari nafkah, mendidik anak-anak, pemberi rasa aman bagi anak-anaknya. penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk lebih memperkuat hasil penelitian di lapangan, serta pedoman dalam wawancara terhadap wanita single parent, serta mengunakan pedoman dokmentasi.metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, yaitu menjelaskan seluruh data yang ada pada pokok-pokok masalah secara tegas dan sejelas-jelasnya. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Hukum Islam Pemenuhan Hak Anak oleh orang tua Single Parent dilaksanakan oleh orang tua dari anak-anak tersebut. Meskipun kedua orang tua telah bercerai mereka tetap wajib menjaga, mendidik, dan memelihara anak-anaknya, apabila hak-hak anak kepada ibu dari anak tersebut, maka ayah dari anak tersebut berkewajiban untuk memberikan biaya nafkah kepada anak-anaknya. Ketika orang tua tidak melaksanakan hak-hak anak maka kedua orang tua akan mendapatkan dosa. Kata kunci : Pemenuhan Hak Anak, Single Parent, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemenuhan Hak Anak, Single Parent, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: RARA YUNIA NINGSI 1820101078
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:30
Last Modified: 01 Mar 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35729

Actions (login required)

View Item View Item