KRITERIA MEMILIH JODOH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH MENURUT MUDA-MUDI DESA CAHAYA ALAM KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KAB. MUARA ENIM DALAM PERSFEKTIF FIQH MUNAKAHAT

Fatimatu zahra, Fatima (2020) KRITERIA MEMILIH JODOH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH MENURUT MUDA-MUDI DESA CAHAYA ALAM KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KAB. MUARA ENIM DALAM PERSFEKTIF FIQH MUNAKAHAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN raden fatah palembang.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (291kB)

Abstract

Adapun judul penelitian ini adalah “Kriteria Memilih Jodoh Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Menurut Muda-Mudi Desa Cahaya Alam Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Dalam Persfektif Fiqh Munakahat” Memilih pasangan hidup merupakan tahap pertama yang harus dilalui sebelum memasuki jenjang pernikahan. Beberapa hal dapat mendorong seseorang saat menentukan siapa yang pantas untuk dijadikan pendamping hidup. Hal tersebut tidak hanya berpotensi pada kebaikan lahiriah, seperti kecantikan/ketampanan, kekayaan, status sosial, agama dan budi pekerti. Kriteria tersebut dalam perkembangan era zaman sekarang disebut dengan kriteria yang ideal. Akan tetapi, Rasulullah Saw dalam hadisnya lebih menekankan untuk memilih pasangan hidup berdasarkan agama dan budi pekertinya. Rumusan masalah terhadap penelitian ini Adalah Bagaimana Kriteria Calon Pasangan Hidup Bagi Muda-Mudi Desa Cahaya Alam Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Dalam Membentuk Keluarga Sakinah dan Bagaimana Persfektif Fiqh Munakahat Tentang Kriteria Memilih Calon Pasangan Hidup Muda-Mudi Di Desa Cahaya Alam Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut diatas, maka tujuan dari penulisan skripsi ini tidak lain untuk mengetahui kriteria calon pasangan hidup yang akan dipilih oleh muda-mudi dan bagaimana pandangan fiqh munakahat dalam kriteria yang di pilih oleh muda-mudi desa cahaya alam. Jenis penelitian ini adalah (library research) penelitian lapangan yang akan menjadi respondennya adalah Muda-Mudi Desa Cahaya Alam Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan tujuan agar dapat memberi gambaran tentang memilih pasangan hidup, yang berangkat dari teori, hadist dan fiqh munakahat. Kesimpulan dalam penelitian ini fiqh munakahat menjelaskan tentang kriteria memilih calon suami yang kalian sukai agamanya dan akhlaknya mendatangi kalian, maka nikahkanlah padanya, jika engkau tidak melakukannya, maka akan terjadi fitnah (musibah) dan kerusakan yang besar. Selain itu, baik laki-laki maupun prempuan lebih terbuka dalam menentukan pilihannya. Semua itu sah-sah saja, karena pada dasarnya tujuan atau niat dari memilih pasangan hidup, tidak lain agar kelak rumah tangga yang akan dijalani dapat berbuah kebaikan baik di dunia, maupun di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: FATIMATU ZAHRAH 1521400024
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:41
Last Modified: 05 Mar 2024 01:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35777

Actions (login required)

View Item View Item