UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PELEMBANG (Skripsi)

Sutrisno, Sutrisno (2016) UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PELEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pelembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa adanya perpustakaan yang baik tentu saja mendukung proses belajar mengajar yang baik pula. Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Pustakawan dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pustakawan dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan tenaga kependidikan (pustawan dan tata usaha). Dengan menggunakan teknik pengumpuan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, verification data dan triangulasi data. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpul data observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, verifikasi data, dan triangulasi data Adapun hasil penelitian mengenai upaya pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanandi Madrasah Aliyah Negeri 3 Pelembang diperoleh hasil sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, secara keseluruhan dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa ada dua apek pelayanan yang dilakukan yaitu layananan referensi dan layanan sirkulasi: Layanan Referensi (memberikan pelayanan kepada Pengguna, mengawasi pemanfaatan koleksi, fasilitas hotspot, mengoptimalkan pengadaaan koleksi dan tanggap pada sikap dan perilaku pengguna perpustakaan), layanan sirkulasi (melakukan rekrutmen tenaga pustakawan yang ideal, pengembangan potensi pustakawan yang ada, mengeluarkan buku rusak dan mengirimnya ke bagian penjilidan, mengoptimalkan penggunaan sarana, menyediakan fasilitas ruangan baca yang nyaman, menyediakan loker untuk barang pengunjung dan mengatur Tata Fisik Perpustakaan semenarik mungkin), faktor yang mendukung (alokasi pembiayaan yang cukup, hubungan dalam berbagi informasi dengan perpustakaan daerah yang baik, Kepala Madrasah mendukung setiap kegiatan pengembangan potensi pustakawan, personil pustakawan yang cukup dilihat dari jumlah dan letak bangunan perpustakaan yang stretegis), faktor yang Menghambat (belum adanya hubungan antara satu perpustakaan Madrasah dengan Madrasah lainnya khususnya yang ada di bawah naungan KEMENAG Kota Palembang, tenaga pendidik yang belum semuannya memberikan pemahaman pada peserta didik tentang pentingnya memanfaatkan perpustakaan, beberapa peserta didik masih belum menunjukkan minat untuk memanfaatkan perpustkaan, komunikasi dengan atasan yang kurang baik dan layanan hotspot yang masih sering error). Berdasarkan temuan di atas maka peneliti merekomendasikan beberapa hal: bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih spesifik kepada lembaga yang memiliki latar belakang berbeda, sedangkan bagi pihak terkait: Menjadi bahan masukan bagi kepala madraah serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di lingkungan penelitian ini khusus kepala perpustakaan dan pustakawan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pustakawan, Pelayanan, perpustakaan.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:48
Last Modified: 27 Apr 2016 07:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item