Febrianti, Muthiah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Wix pada Materi Perubahan Iklim Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK & ABSTRACT)
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV HASIL & PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V PENUTUP)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
E-learning yakni media pembelajaran yang memerlukan internet untuk penggunaannya. Peneliti memilih Wix selaku pembuat website terbaik sebagai pembuat media pembelajaran E-Learning. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk menjelaskan tingkat validitas dan praktikalitas dari pengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis Wix pada pembelajaran materi perubahan iklim kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Palembang. Penelitian yang dipakai yakni R&D (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang berisikan tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, hanya saja penelitian ini terbatas sampai tahap pengembangan. Analisis data didapat dari pengumpulan data kuantitatif (persentase angket) dan kualitatif (saran, komentar, dan kritik) dari ahli media, materi, dan bahasa serta tanggapan guru dan peserta didik. Hasil pengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis Wix pada materi perubahan iklim kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Palembang diperoleh nilai persentase kevalidan dari ahli media sebesar 96,4%, ahli materi 100,0%, terakhir ahli bahasa 95,8% kategori sangat valid, lalu hasil kepraktisan dari tanggapan guru sebesar 91,6%, serta persentase tanggapan peserta didik uji perorangan (One to One) 92,1% dan uji kelompok kecil (Small Group) 90,8% dengan kategori sangat praktis. Dengan begitu, pengembangan media pembelajaran ini dinyatakan valid & praktis serta layak untuk dipakai dalam praktik belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Hope it's useful for everyone who need this thesis. Contact me if you want more information! |
Uncontrolled Keywords: | E-Learning; Media Pembelajaran; Perubahan Iklim; WIX |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MUTHIAH FEBRIANTI 1910207011 |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 01:29 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 01:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36107 |
Actions (login required)
View Item |