UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA PADA PEMBUATAN SAMPO ANTI KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DARI EKSTRAK BUAH NANAS (Ananas comosus)

., Enjelita (2023) UJI VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA PADA PEMBUATAN SAMPO ANTI KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DARI EKSTRAK BUAH NANAS (Ananas comosus). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover benar 12345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak bahasa inggris.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
Official URL: http://

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Uji Validitas Media Pembelajaran Infografis pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA pada Pembuatan Sampo Anti Kutu Rambut (Pediculus Humanus Capitis) dari Ekstrak Buah Nanas (Ananas comosus)”. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan pengembangan media infografis dan karakteristik sampo anti kutu rambut (Pediculus humanus capitis) dari ekstrak buah nanas (Ananas comosus) yang digunakan dalam materi pembelajaran Bioteknologi untuk SMA kelas XII SMA/MA. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif diskriptif, penelitian yang menggambarkan suatu kejadian atau kenyataan yang ada, yang bersifat alamiah. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling. Tahapan uji internal mencakup validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi berupa angket dengan skala Likert yang digunakan untuk mengetahui apakah produk yang telah dirancang valid atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil rekapitulasi uji validitas yang dilakukan oleh para ahli dalam hal ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dapat dilihat bahwa media infografis memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Dari ahli materi mencapai 91,11 %, ahli media 92,5 % dan ahli bahasa sebesar 93,33%, dengan rata-rata persentase mencapai 92,35%. Berdasarkan hasil uji validitas yng dilakukan maka pengembangan media infografis pada mata pelajaran Bioteknologi Kelas XII SMA/MA dapat dikatagorikan Sangat Valid. Dari beberapa hasil uji karakteristik sampo anti kutu rambut dari ekstrak buah nanas (Ananas comosus) yang dilakukan dengan standar SNI menghasilkan uji organoleptik memiliki tekstur cairan kental, berwarna kuning kecoklatan dan memiliki bau khas buah nanas, dengan pH 7,54 - 7,23, tinggi busa 16 – 19,33 cm, memiliki homogenitas yang baik dengan nilai viskositas 1521,20 Cp – 1941,58 Cp.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ENJELITA 2030207084
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:27
Last Modified: 19 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36138

Actions (login required)

View Item View Item