Analisis strategi pemasaran UMKM Keripik singkong di Desa Karang Agung dalam perspektif ekonomi Islam

Hengki Saputra, Hengki (2023) Analisis strategi pemasaran UMKM Keripik singkong di Desa Karang Agung dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover depan hengki.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (439kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada persaingan pasar yang semakin ketat sekarang, penggunaan kemajuan teknologi seperti media sosial dalam memasarkan produk pada usaha keripik singkong di Desa Karang Agung sangatlah ketat sehingga menimbulkan persaingan usaha. Dalam menjalankan usahanya para UMKM keripik singkong ini memiliki kendala dalam strategi penjualan seperti munculnya pesaing yang memproduksi keripik ubi dengan rasa dan varian yang sama, selain itu pada proses produksi keripik ubi masih menggunakan teknik manual sehingga menghambat produktivitas produksi, pada proses pengemasannyapun masih menggunakan teknik manual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari data wawancara kepada para pelaku usaha keripik singkong yang ada di Desa Karang Agung, beserta staf pemerintahan dan warga sebagai data tambahan, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, internet dan penelitian terdahulu, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai metode pemasaran usaha keripik singkong di Desa Karang Agung dalam persaingan pasar yaitu melalui bauran pemasaran 4p dalam strategi produk yang diterapkan antar pelaku usaha keripik singkong di Desa Karang Agung tidak jauh berbeda. Penetapan harga yang dilakukan sama dengan usaha keripik singkong lainnya ialah sesuai dengan harga pasar yang ada di pasaran,dalam menetapkan harga jual tidak dipengaruhi oleh naik atau turunnya harga bahan pokok. Dalam memasarkan produk para pelaku usaha keripik singkong di Desa Karang Agung sudah terbilang baik dengan menggunakan teknologi media sosial dan mulut ke mulut. Maka untuk dapat meningkatkan daya saing para pengusaha UMKM keripik singkong di Desa Karang Agung memerlukan strategi pemasaran yang pas dan sesuai dengan kondisi keadaan pasar yang terencana karena, dengan strategi pemasaran sekecil apapun jika dikelolah dengan baik akan tetap bertahan menghadapi berbagai perubahan lingkungan terutama dari pesaing pesaing dipasaran, sehingga harus membutuhkan sebuah manajemen agar seorang pengusaha dapat memanfaatkan keadaan pasar yang ada. Kata kunci: Perspektif ekonomi islam, Strategi pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perspektif ekonomi islam, Strategi pemasaran, UMKM
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: HENGKI SAPUTRA -
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:27
Last Modified: 19 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item