Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Sinka, Febriana (2023) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart ini berlokasi di pondok pesantren, karena berlokasi di pesantren tersebut masyarakat hanya menganggap bahwa minimarket hanya untuk pondok pesantren saja padahal minimarket tersebut bukan hanya untuk santri tetapi juga untuk masyarakat umum. Karena kurangnya promosi sehingga masyarakat belum memanfaatkan adanya minimarket tersebut. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dalam pengembangan usaha minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart dalam perspektif ekonomi Islam serta bagaimana keputusan masyarakat terhadap minat belanja di minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan jumlah narasumber sebanyak 15 orang, selanjutnya data disajikan dengan teks yang bersifat naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart sudah menjalankan strategi pemasaran yang cukup baik dalam mengembangkan usaha. Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart menggunakan strategi bauran pemasaran 4P, di antaranya produk, harga, tempat atau saluran distribusi serta promosi. Adapun strategi pemasaran yang digunakan minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart dalam mengembangkan usahanya yaitu dengan melakukan kegiatan promosi seperti potongan harga, penempatan posisi produk, promosi melalui media sosial, serta mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Yang menjadi alasan konsumen melakukan keputusan pembelian di minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart adalah karena produk yang ada lebih lengkap, harga jual yang terjangkau serta fasilitas yang memadai. Namun dari segi promosi yang di tawarkan harus menjadi bahan evaluasi bagi pihak minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart agar lebih memperhatikan variabel tersebut. Penempatan pada sistem pemasaran Islam di minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart dalam mengembangkan usaha sudah sesuai dengan pemasaran Islam yang mengedepankan unsur ibadah dan muamalah dalam aturan Islamnya. Kata Kunci: Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart, Strategi Pemasaran, pengembangan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minimarket Madinatul Qur’an (MQ) Mart, Strategi Pemasaran, pengembangan usaha.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: SINKA FEBRIANA 1920602050
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:27
Last Modified: 19 Mar 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item View Item