KEWAJIBAN MENAFKAHI ISTRI MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Fenomena Di Desa Ujan Mas Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim)

Afrilia, Natasa Sari (2024) KEWAJIBAN MENAFKAHI ISTRI MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Fenomena Di Desa Ujan Mas Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Fatah Palembang.

[img] Text
COVER TASYA UPLOAD.docx

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK TASYA.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TASYA UPLOAD.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I TASYA UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
BAB Il TASYA UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III TASYA UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV TASYA UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V TASYA UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya suami berkewajiban menafkahi istri baik dari segi jasmani maupun rohani, di Desa Ujan Mas masih terdapat banyak suami yang belum melaksanakan kewajibannya sebagai kepala keluarga, dimana masih banyak suami yang tidak memiliki pekerjaan tetap serta diantara mereka tidak bekerja walaupun mereka dalam keadaan yang sehat dikarenakan minimnya lapangan pekerjaan. Fenomena seperti ini masih terjadi di Desa Ujan Mas dimana cukup banyak suami yang belum menjalankan kewajibannya sebagai kepala keluarga, dan juga merupakan hal yang cukup biasa dimana seorang perempuan harus turut mencari nafkah. Permasalahan inilah yang menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui secara langsung bagaimana pelaksanaan suami dalam menafkahi istri di Desa Ujan Mas terkait Kewajiban Menafkahi Istri Menurut Hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian (Field research) dimana peneliti memperoleh data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun jenis dan sumber data peneliti menggunakan jenis data kualitatif yaitu sebuah informasi yang diuraikan dalam bentuk kata verbal serta bukan dalam bentuk angka. Selanjutnya sumber data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini terdapat tiga jenis data yaitu data primer, data sekunder dan data tersier, dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik random sampling merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan sample dilakukan secara acak sederhana tanpa memperhatikan tingkatan yang terdapat dalam populasi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Desa Ujan Mas terkait Kewajiban Suami Dalam Menafkahi Istri Menurut Hukum Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadits suami berkewajiban memberikan nafkah terhadap istri. Suami memiliki tanggung jawab kepemimpinan terhadap seluruh aspek kehidupan rumah tangga. Disamping itu terkait fenomena seorang istri yang menyandang status ibu rumah tangga dan juga pencari nafkah dikarenakan kondisi ekonomi menurut hukum islam boleh saja asal mendapat izin suami, namun hendaknya posisi suami sebagai kepala keluarga mampu dalam menjalankan kewajibannya dan tidak juga melalaikannya, hendaknya suami sebagai kepala keluarga mampu dalam menjalankan kewajibannya sebagaimana yang tertera dalam Al-Quran dan Hadist. Kata Kunci : Hak dan Kewajiban, Nafkah, Istri, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hak dan Kewajiban, Nafkah, Istri, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: NATASA SARI AFRILIA 1920101067
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:26
Last Modified: 03 Apr 2024 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36619

Actions (login required)

View Item View Item