STRATEGI PEMASARAN SYARI'AH PADA RUMAH MAKAN MARTABAK HAR PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19

KATSIRO, DZIKRON (2024) STRATEGI PEMASARAN SYARI'AH PADA RUMAH MAKAN MARTABAK HAR PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 DLL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Rumah Makan Martabak HAR pada Masa Pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran Rumah Makan Martabak HAR. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan observasi penelitian berupa rekaman dan gambar. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Operasional Rumah Makan Martabak HAR Simpang Sekip Palembang dapat dilihat dari segi fasilitas dan juga proses dalam aktivitas penjualan, manajamen ibadah bagi karyawan dan strategi pemasaran yang diterapkan sudah menghindari hal-hal yang dilarang oleh syariah. Rumah Makan Martabak HAR pun sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Rumah Makan Martabak HAR belum bisa dikategorikan kedalam usaha bisnis syariah dikarenakan konsep bisnis Syari‟ah tidak termasuk pada visi dan misi perusahaan, tidak ada pula fasilitas Rumah Makan yang bernuansa Islami, serta tidak ada kebijakan tertentu terkait waktu ibadah bagi karyawan dan jam operasional. Strategi pemasaran yang dijalankan Rumah Makan Martabak HAR Simpang Sekip Palembang dalam upaya menarik minat konsumen adalah dengan mengaplikasikan bauran pemasaran 7P (physical evidence, process, people, promotion, place, price, dan product). Konsep marketing mix 7P yaitu dengan cara menekankan produk yang berkualitas dan tentunya halal, harga yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, lokasi yang strategis, promosi dengan memanfaatkan social media dan pelayanan terbaik, meningkatkan kinerja karyawan dengan memberikan apresiasi bonus. Strategi proses meliputi penerimaan tamu, proses pembuatan makanan, dan proses pencucian yang tentunya harus sesuai dengan prinsip syariah dan yang terakhir adalah strategi bukti fisik dengan menerapkan penampilan karyawan yang rapi, sopan berpakaian sesuai dengan syariat Islam. Selama masa pandemi Covid-19 Rumah Makan Martabak HAR Simpang Sekip Palembang cenderung mengalami penurunan setiap bulannya. Peningkatan penjualan terendah terjadi pada bulan april 2020. Strategi pemasaran yang dilakukan Rumah Makan Martabak HAR Simpang Sekip Palembang dalam masa menghadapi pandemi adalah dengan menjual produk secara take away dan memperbanyak promosi di aplikasi marketplace seperti gofood, grabfood, dan shopeefood. Kata Kunci: Physical Evidence, Process, People, Promotion, Place, Price, Product

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Physical Evidence, Process, People, Promotion, Place, Price, Product
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: DZIKRON KATSIRO 1830602186
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:48
Last Modified: 25 Apr 2024 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36834

Actions (login required)

View Item View Item