PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK ULAR TANGGA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS VIII SMP

ISTI'ANAH, LAILATUL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK ULAR TANGGA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS VIII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
judul skripsi laila.pdf

Download (320kB)
[img] Text
abstrak inggris laila.pdf

Download (194kB)
[img] Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (238kB)
[img] Text
bab 1 laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2 laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 Laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 laila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka laila.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk ular tangga berbasis keterampilan proses sains pada kelas VIII SMP ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu,dan menguji kevalidan produk tersebut. Jenis R&D yang diterapkan adalah model pengembangan Rowntree yang dikolaborasikan dengan model evaluasi Tessmer. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-8 SMP Negeri 57 Palembang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan walkthrough dan angket.Teknik analisis data menggunakan analiis data kualitatif berupa pertanyaan atau kalimat dan analisis data kuantitatif yang diambil dari instrumen validasiٍ ahli bahasa, ahli media dan ahli materi serta instrument angket peserta didik dan guru. Hasil penilaian kelayakan mediaٍ ularٍ tanggaٍ berbasis keterampilan proses sains oleh ahli media sebesar 85,7%, ahli materi 92,8% ahli bahasa 95,8% dan validasi soal kps memperoleh nilai 91,6%ٍdengan nilaiٍ rata-rata 91,4% yang tergolong sangat valid dan dapat dikatakan telah memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil penilaian pada tahap one-to-one sebesar 83,3% dan tahap small group 87,4%ٍdengan nilai rata-rata 84,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Ular Tangga
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: LAILATUL ISTI'ANAH 2020207074
Date Deposited: 02 May 2024 06:32
Last Modified: 02 May 2024 06:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36980

Actions (login required)

View Item View Item