Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pengunaan jasa bengkel dian motor dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus bengkel dian motor di desa jalur 8 telang jaya kabupaten banyuasin)

Putri Nuraini, Dwi (2024) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pengunaan jasa bengkel dian motor dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus bengkel dian motor di desa jalur 8 telang jaya kabupaten banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, universitas Islam Negri (Uin) Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.docx

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (2MB)

Abstract

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan motor seperti pemilik-pemilik bengkel di Banyuasin. Bengkel Dian Motor adalah salah satu bengkel yang ada di Banyuasin saat ini. Bengkel Dian Motor harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan minat pelanggan untuk datang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan dan Harga terhadap minat pelanggan. Metode pengambilan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang pelanggan dari Bengkel Dian Motor Banyuasin dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi : Uji validitas dan Reliabilitas, Uji asumsi klasik, Analisis regresi berganda, Pengujian hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi Uji validitas, Uji reliabilitas dan Uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 22,186 + 0,080 Pelayanan + 0,221 harga + e Dimana variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel pelayanan (X1), variabel harga (X2). Pengujian hipotesis menggunakan Uji tmenunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen minat pelanggan. Kemudian melalui Uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang di teliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen minat pelanggan Angka Adjusted Rsquare sebesar 0,658 menunjukkan bahwa 6,58% variabel minat pelanggan dapat di jelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 34,2% di jelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Pelayanan dalam presfektif ekonomi islam yang dijelaskan seperti berkualitas tinggi mencerminkan prinsip-prinsip etika Islam, seperti kejujuran,Fathonan,Bertngung Jawab dan Menepati Janji,Melayani dengan ramah,saling mencintai, kekeluargaan,Masyarakat Islalm cenderung memberikan nilai tinggi pada bisnis yang memberikan pelayanan yang ramah, profesional, dan memenuhi standar kualitas yang diinginkan,maka toko Dian Motor sejalan dengan prinsip ekonomi islam dengan di buktikan banyak nya pelanggan yang merasa puas dan sesuai Konsep keadian harga sangat penting dalam ekonomi Islam. Kata kunci : Harga,Minat Pelanggan dan Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Harga, Minat Pelanggan dan Pelayanan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: DWI PUTRI NUR'AINI 2020602087
Date Deposited: 02 May 2024 06:33
Last Modified: 02 May 2024 06:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36999

Actions (login required)

View Item View Item