PERGESERAN FUNGSI DAN MAKNA BUDAYA TADUT PADA MASYARAKAT BESEMAH ERA MODERN

AFIF FATHURAHMAN, AFIF (2023) PERGESERAN FUNGSI DAN MAKNA BUDAYA TADUT PADA MASYARAKAT BESEMAH ERA MODERN. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi fix a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (PERGESERAN FUNGSI DAN MAKNA BUDAYA TADUT PADA MASYARAKAT BESEMAH ERA MODERN)
identifier_continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LvLH3HkWvGSN9mjOmPJ54w8-1KfVxoc3%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LvLH3HkWvGSN9mjOmPJ54w8-1KfVxoc3%2Fview%3Fusp%3Ddrivesdk&ifk - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Pergeseran Fungsi dan Makna Tadut Pada Masyrakat Besemah di Era Modern seacara kualitatif. Kerangaka pikir dari permasalahan skripsi ini adalah : [1] bagaimana sejarah masuknya Tadut di Besemah, Pagaralam; [2] bagaimana proses pergeseran fungsi dan makna Tadutawal masanya hingga sekarang; [3] apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya pergeseran fungsi dan makna Tadut di Besemah, Pagaralam. Kajian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kajian Etnogerafi dengan menggunakan pendekatan sosial yang memfokuskan pada fenomena Pergeseran Fungsi dan Makna Tadut pada Masyarakat Besemah di Era Modern. Dan menggunakan teori fungsionalis dan inventaris teks serta, metode dalam pengumpulan data dilakukan secara observasi lagsung ke lapangan dengan cara, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data diolah secara deskriptif kualitatif dan disususn dengan menggunakan metode penelitian sosial. Tradisi Tadut, atau sastra lisan Tadut masih tetap eksis walau fungsinya sedikit berubah , perubahan fungsi ini dapat di lihat dari syair yang penuh akan ajaran Agama Islam, sebelum Agama Isalm masuk syair tadut hanya sebagai nasihat dari orang tua. Tadut sendiri dilantunkan oleh seorang pemimpin yang biasa di panggil wak aji dan di lantukan secara Be’pu’um. Pada penelitian ada dua sumber data yang digunakan, yaitu : Sumber Primer yang diperoleh dari tokoh pelestari budaya lisan yang ada di Pagaralam serta aparat pemerintahaan setempat. Dan data sekunder diperoleh melalui buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Dalam penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa sosial kebudayaan pada masyrakat Besemah di pagaralam sedikit meningkat ke arah yang lebih baik khusus nya peran para Tokoh lisan yang ada di pagralam dalam mempertahankan seni lisan Tadut di masa yang modern ini, kegiatan ber Tadut ini terlihat dengan mulai adanya muatan lokal dari sekolah dasar yang mulai memperkenalkan dan mengajarkan Tadut pada siswa dan siswi nya. Kata Kunci : - Pergeseran – Fungsi – Makna – Tadut – Besemah – Pagaralam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: -Pergeseran – Fungsi – Makna – Tadut – Besemah – Pagaralam.
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 79203 - Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: AFIF FATHURAHMAN 1820402018
Date Deposited: 20 May 2024 02:25
Last Modified: 20 May 2024 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37707

Actions (login required)

View Item View Item