STRATEGI PENYIARAN RADIO EL JOHN 95.9 FM PALEMBANG SEBAGAI MEDIA PARIWISATA

Rivai, Muhammad Rizky Hizayat (2023) STRATEGI PENYIARAN RADIO EL JOHN 95.9 FM PALEMBANG SEBAGAI MEDIA PARIWISATA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1 (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Muhammad Rizky Hidayat Rivai - 2030501162).pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Radio El John 95.9 FM Palembang merupakan salah satu media audio di kota Palembang. Berfokus dalam menyebarkan informasi perdagangan, bisnis, dan pariwisata. Berdasarkan data yang didapatkan peneliti, radio El John merupakan satu-satunya radio yang menjadi media pariwisata di kota Palembang hingga saat ini. Sebagai satu-satunya radio yang menyebarkan informasi mengenai pariwisata, radio El John tentunya memiliki strategi dalam penyiarannya. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi penyiaran radio El John 95.9 FM Palembang sebagai media pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikembangkan oleh Phil Jones yang membedah strategi komunikasi menjadi lima tahapan, yakni analisis dan perencanaan strategis (strategic analysis and planning), desain strategis dan perencanaan implementasi (strategic design amd implementation planning), meluncurkan atau penggunaan strategi (launching the strategy), tindak lanjut dan komitmen (follow-up and commitment), dan terakhir penyediaan strategi dan hasil pelacakan (embedding the strategy and tracking results). Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa radio El John dalam strategi siarannya sebagai media pariwisata sangat memanfaatkan teknologi terbaru untuk menyebarkan informasinya, mulai dari radio konvensional, radio streaming online, aplikasi radio, media sosial. Dalam siarannya, penyiar menyampaikan informasi dengan penuh semangat dan ceria agar para pendengar tertarik dan ikut bersemangat mendengarkan siarannya, selain itu penyiar juga seringkali menggunakan kalimat-kalimat yang interaktif, sehingga para pendengar merasa sedang diajak berbicara oleh penyiar. Radio El John juga mengarahkan seluruh crew untuk membuat konten-konten pariwisata ketika mereka sedang berada di tempat-tempat wisata guna menjangkau lebih banyak khalayak agar tujuan dari radio El John untuk menghidupkan dan melestarikan tempat-tempat wisata yang ada dapat terwujud. Kata Kunci: Strategi, Penyiaran Radio El John, Media Pariwisata

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penyiaran Radio El John, Media Pariwisata
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MUHAMMAD RIZKY HIDAYAT RIVAI 2030501162
Date Deposited: 27 May 2024 03:01
Last Modified: 27 May 2024 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37856

Actions (login required)

View Item View Item