PENERAPAN FAMILY SUPPORT DALAM MENGATASI DISSAPOINTMENT PADA LANSIA (STUDI KASUS PADA KLIEN "M" DI DESA CINTA JAYA KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

INDRIANI, I (2023) PENERAPAN FAMILY SUPPORT DALAM MENGATASI DISSAPOINTMENT PADA LANSIA (STUDI KASUS PADA KLIEN "M" DI DESA CINTA JAYA KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER SKRIPSI INDRANII .pdf

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK INDRIANI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA INDRIANI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 1 INDRIANI .pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2 INDRIANI .pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 3 INDRIANI .pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 4 INDRIANI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 5 INDRIANI.pdf

Download (85kB)

Abstract

Lanjut Usia (Lansia) adalah fase akhir kehidupan seseorang yang sering kali melihat masa lalu dengan penyesalan dan mengabaikan masa depan. Ini adalah bagian dari proses tumbuh kembang manusia yang melibatkan perubahan fisik, mental, dan sosial. Lansia sering mengalami stress, depresi, dan kecewa. Family Support sangat penting dalam mengatasi masalah ini. Studi kasus Klien "M" menunjukkan bahwa lansia mengalami dissapointment, emosi, dan stres. Pendekatan Family Support (Dukungan Keluarga) menjadi solusi efektif, dengan tujuan memahami, menerima, dan mendorong individu. Dukungan keluarga membantu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi untuk menghadapi masalah.Penelitian ini mengamati Penerapan Family Support dalam mengatasi dissapointment pada lansia (Studi Kasus Klien “M” di Desa Cinta Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir). Tujuannya adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk dissapointment pada klien “M” dan menganalisis penerapan family support untuk mengatasi disappointment tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan penelitian lapangan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode perjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Hasilnya menunjukkan berbagai bentuk disappointment pada klien “M”, termasuk pada diri sendiri, orang lain, kondisi hidup, dan lingkungan sekitar. Penerapan dukungan keluarga melibatkan tahapan pendekatan konseling, identifikasi masalah, strategi pemecahan masalah, implementasi, evaluasi, dan umpan balik. Peneliti berhasil membantu klien "M" mengubah pola pikir dan menerima kondisi, serta memperkuat ikatan keluarga melalui dukungan yang penuh kasih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: family support,disappointment,Lansia
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: INDRIANI 1930502112
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:25
Last Modified: 07 Jun 2024 01:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38191

Actions (login required)

View Item View Item