STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN PINDANG MERANJAT JAKABARING DALAM UPAYA PENINGKATAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ashari, Hasyim and Mardiyah, Siti and Diem, M.Junestrada (2024) STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN PINDANG MERANJAT JAKABARING DALAM UPAYA PENINGKATAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI HASYIM ASHARI BAB 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
SKRIPSI HASYIM ASHARI BAB 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
SKRIPSI HASYIM ASHARI BAB 5.pdf

Download (12kB)

Abstract

Di era persaingan dunia usaha yang kompetitif saat ini, Kemajuan suatu bisnis menjadi peranan yang besar dalam kehidupan masyarakat hal ini disebabkan karena majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, kondisi ini mendorong para pelaku bisnis untuk dapat bertahan, para pelaku bisnis berkompetisi agar bisnisnya tetap berjalan, tumbuh dan berkembang. Seiring dengan pesatnya pertumubuhan dan pertambahan jumlah penduduk maka pemenuhan kebutuhan akan pangan semakin bertambah juga, hal inilah yang membuka peluang pelaku usaha untuk membuka rumah makan. tetapi di sisi lain dari tahun ke tahun pelaku usaha dari rumah makan semakin bertambah. Dengan adanya persaingan ketat rumah makan satu dengan lainnya, maka rumah makan membuat konsep strategi pemasaran masing-masing. Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau usaha, Dalam menerapkan strategi pemasaran harus mampu memberikan kepuasan konsumen dan harus sesuai dengan syariat ekonomi islam. Penelitian ini mengkaji tentang strategi pemasaran rumah makan pindang meranjat jakabaring dalam upaya peningkatan laba ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di rumah makan tersebut apakah sudah berjalan sesuai dengan syariat ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian kualitatif dalam hal ini yaitu menganalisa melalui wawancara dan mendapatkan jawaban dari informan yang kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran di rumah makan pindang meranjat sudah berjalan cukup baik, terlihat dari segi produk sudah bervariasi dan memiliki cita rasa, dari segi harga yang relatif terjangkau, dari segi tempat cukup strategis, dan dari segi promosi juga sudah sesuai dengan prosedur. Dan adapun dilihat dari hasil yang lain sudah memegang teguh prinsip mencari ridho allah (Rabbaniyah), sikap akhlak yang baik dari pemilik maupun karyawan (Akhlaqqiyah), serta dalam strategi pemasaran mengutakaman nilai religius, taqwa dalam aktifitasnya (Al-waqiyyah), dan yang terakhir tidak membeda-bedakan individu satu dengan yang lainnya menunjukan sikap adil, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dilingkungan sekitar (Insaniyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pelaku Usaha Rumah Makan, Ekonomi Islam Marketing Strategy, Restaurant Business Actors, Islamic Economy
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: HASYIM ASHARI 1930602219
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:30
Last Modified: 24 Jun 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38516

Actions (login required)

View Item View Item