The Implementation of Readers' Theatre to Improve Speaking Skill of the Tenth Grade Students of MAN 2 Palembang

Indah Parawangsa, Annisa (2023) The Implementation of Readers' Theatre to Improve Speaking Skill of the Tenth Grade Students of MAN 2 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Chapter 5.pdf

Download (133kB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang sangat mendasar bagi setiap siswa yang ingin belajar bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan mudah, membangun tingkat kepercayaan diri, memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik, dan mengembangkan bisnis dan profesi lebih lanjut. Namun, siswa kelas sepuluh MAN 2 Palembang menghadapi banyak masalah dalam berbicara. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti merancang penelitian eksperimental untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi Readers’ Theater (RT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi RT dan yang tidak, serta untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan strategi RT. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent. Penelitian ini melibatkan 66 siswa dari dua kelas, 33 siswa X IP A 1 sebagai kelompok eksperimen dan 33 siswa X IP A 3 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sebelum dan sesudah penerapan perlakuan. Untuk membuktikan hipotesis, data pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test pada program SPSS. Temuan menunjukkan bahwa p-output dari uji t sampel independen (sig 2-tailed) adalah 0,010 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara mereka yang diajar dengan menggunakan strategi RT dan mereka yang tidak. Hasil dari uji-t sampel berpasangan adalah 0,000 yang lebih rendah dari 0,05 yang menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi RT di kelas berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Readers' Theatre, Speaking Skills
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88201 - Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:23
Last Modified: 01 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38646

Actions (login required)

View Item View Item