PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU MALADAPTIF SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH

Sari, Oktaviani Mulya (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU MALADAPTIF SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER SKRIPSI OKTAVIANI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bimbingan Konseling dengan Teknik Storytelling Berbantuan Video Animasi Terhadap Perilaku Maladaptif Santri di Pondok Pesantren Ittifaqiah”. Perilaku maladaptif adalah perilaku yang tidak diinginkan, misalnya memukul, melempar barang, atau menyakiti diri sendiri. Dengan cara mengatasi perilaku maladatif anak yang pernah dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan ancaman kepada anak setelah kejadian berlangsung, kadang guru hanya mendengarkan penuturan anak tanpa menindak lanjuti masalah yang ada. Sehingga perlu adanya upaya yang harus dilakukan agar dapat menurunkan perilaku maladaptif pada santri agar memiliki perilaku yang lebih baik yakni dengan menggunakan sebuah layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu bimbingan kelompok dan mengunakan sebuah teknik yaitu teknik storytelling dengan berbantuan video animasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, pertama perilaku maladaptif santri sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik storytelling berbantuan video animasi. Kedua, perilaku maladaptif santri sesudah diberikan teknik storytelling berbantuan video animasi. Dan ketiga, untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelmpok dengan teknik storytelling berbantuan video animasi terhadap santri di pondok pesantren ittifaqiah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Dari jumlah populasi 52 santri diambil 8 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket dengan jumlah 22 pernyataan yang telah dilakukan uji validitas rhitung > rtabel dengan range nilai rhitung 0,328-0,823 dan rtabel 0,279. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan perilaku maladaptif pada santri pondok pesantren ittifaqiah mayoritas berada pada kategori sedang. Dari hasil uji normalitas dipeoleh pretest 0,024 dan posttest 0,142 dan uji T menunjukkan bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat perbedaan antara pretest dan posttest. Maka dari itu, bimbingan kelompok dengan teknik storytelling berbantuan video animasi berpengaruh terhadap perilaku maladaptif santri di pondok pesantren ittifaqiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Storytelling, Perilaku Maladaptif
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: OKTAVIANI MULYA SARI 2030502085
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:03
Last Modified: 03 Jul 2024 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38701

Actions (login required)

View Item View Item