Pengembangan materi Mahfudzot Berbasis Blended Learning Dengan Blogspot di MTs Aulia Cendikia Palembang تطوير مواد احملفوظات على أساس التعلم ادلختلط ابستخدام موقع بلوغسبو ت يف مدرسة أولياء سيندكيا ادلتوسطة ابدلبانج

Yuliana, Novi (2024) Pengembangan materi Mahfudzot Berbasis Blended Learning Dengan Blogspot di MTs Aulia Cendikia Palembang تطوير مواد احملفوظات على أساس التعلم ادلختلط ابستخدام موقع بلوغسبو ت يف مدرسة أولياء سيندكيا ادلتوسطة ابدلبانج. Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover arab.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstak arab indo.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu peserta didik memiliki potensi dan minat dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk itu peneliti membuat sebuah media pembelajaran yang dapat diakses peserta didik dengan mudah. Penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada teori pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah pengembangan; Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil pengembangan ini berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa dengan hasil rata- rata presentase %9,67. Selain itu, memenuhi kriteria valid dengan hasil uji materi mencapai tingkat kevalidan 837 dan hasil dari hasil media dengan tingkat kevalidan 88,07. Sedangkan penerapan di dalam kelas hasil pre test peserta didik mendapat 017 dan post test dengan nilai rata-rata 897. Berdasarkan analisis menggunakan uji Independen T test nilai sig. (6-tailed) sebesar 3,333 < 3,30. Hasil uji N Gain Score terlihat bahwa nilai rata-rata N Gain Score adalah sebesar 29,%87 yang termasuk dalam ketegori cukup efektif. Maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar materi mahfudzot (Bahasa Arab) menggunakan media blogspot. Oleh karena itu keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektifan pada penggunaan media blogspot terhadap pembelajaran materi mahfudzot menggunakan blended learning di MTs Aulia Cendekia Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mahfudzot, Blended Learning, Blogspot
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NOVI YULIANA 1930204099
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:12
Last Modified: 04 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38748

Actions (login required)

View Item View Item