STRATEGI RADIO SONORA 102,6 FM PALEMBANG PADA PROGRAM SIARAN “ INDONESIA MEMILIH ”

Ade Nugraha, Bintang Agung (2024) STRATEGI RADIO SONORA 102,6 FM PALEMBANG PADA PROGRAM SIARAN “ INDONESIA MEMILIH ”. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Radio Sonora 102,6 FM Palembang merupakan salah satu media audio di kota palembang yang berfokus dalam menyebarkan informasi sosial politik, bisnis, dan lalu lintas. Berdasarkan data yang didapatkan peneliti, radio Sonora 102,6 FM Palembang merupakan 3 dari radio yang aktif dalam menyebarkan informasi edukasi politik mengenai persiapan pemilu 2024, radio Sonora Palembang tentu memiliki strategi dalam penyiarannya. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul strategi radio Sonora 102,6 FM Palembang pada program siaran Indonesia Memilih juga untuk mengetahui bagaimana strategi radio Sonora 102,6 FM Palembang dalam mempertahankan ketertarikan pendengar melalui program siaran Indonesia Memilih, dengan tujuan mengetahui strategi penyiaran yang digunakan radio Sonora dalam mempertahankan pendengar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, terdapat dua sumber data pada penelitian ini yakni data primer berupa 3 informan dan data sekunder yang berasal dari arsip dokumen. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikembangkan oleh Susan Tyler Eastman yang membedah strategi pemograman siaran pada sebuah media menjadi 5 tahapan, yakni strategi kesesuaian (compatibility), strategi pembentukan kebiasaan (habbit formation), pengendalian arus pendengar (control of audience flow), penyimpanan sumber-sumber program (conservation of program resource), dan daya penarik massa (breadth of appeal). Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa radio Sonora 102,6 FM Palembang dalam strategi mempertahankan ketertarikan pendengar melalui program siaran Indonesia memilih adalah menyesuaikan program berdasarkan kebutuhan dan momentum yang ada selain itu juga memanfaatkan teknologi terbaru dalam menyebarkan programnya mulai dari radio web streaming, live streaming youtube, promosi media sosial dan promosi program terjadwal. Kata Kunci: Strategi, Penyiaran, Radio Sonora Palembang, Media Politik  ABSTRACT Radio Sonora 102.6 FM Palembang is one of the audio media in Palembang city that focuses on disseminating socio-political, business, and traffic information. Based on the data obtained by researchers, Sonora 102.6 FM Palembang radio is one of the radios that is active in disseminating political education information about the preparation of the 2024 elections, Sonora Palembang radio certainly has a strategy in broadcasting it. This is what makes researchers interested in conducting research with the title Sonora 102.6 FM Palembang radio strategy on the Indonesia Memilih broadcast program as well as to find out how Sonora 102.6 FM Palembang radio strategy in maintaining listener interest through the Indonesia Memilih broadcast program, with the aim of knowing the broadcasting strategy used by Sonora radio in maintaining listeners. This research is a type of research that uses qualitative research methods with descriptive analysis, there are two sources of data in this research, namely primary data in the form of 3 informants and secondary data derived from archival documents. This research uses interviews, observation, and documentation as data collection tools and uses the Miles and Huberman model data analysis technique. While the theory used in this research is the theory developed by Susan Tyler Eastman which dissects the broadcast programming strategy in a media into 5 stages, namely the compatibility strategy, the habit formation strategy, the control of audience flow, the conservation of program resources, and the breadth of appeal. The results of the study obtained the conclusion that Sonora 102.6 FM Palembang radio in the strategy of maintaining listener interest through the broadcast program Indonesia choose is to adjust the program based on the needs and momentum that exists besides that it also utilizes the latest technology in disseminating its programs ranging from web streaming radio, live streaming youtube, social media promotion and scheduled program promotion. Keywords: Strategy, Broadcasting, Sonora Radio, Political Media

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penyiaran, Radio Sonora Palembang, Media Politik
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: BINTANG AGUNG ADE NUGRAHA 2010501010
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:56
Last Modified: 21 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40277

Actions (login required)

View Item View Item