INTERNALISASI NILAI-NILAI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM PENGAJIAN KITAB ARBAIN AN-NAWAWI PADA MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

Haqi, Amirul (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM PENGAJIAN KITAB ARBAIN AN-NAWAWI PADA MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual Islam melalui kegiatan pengajian kitab Hadis Arba’in An-Nawawi. Sehingga dari pada itu mahasantri dapat menganalisis dan mengevaluasi indikator ketercapaian baik faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi kecerdasan spiritual. Internalisasi ialah merupakan upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam menghasilkan mahasantri dengan menjadikan kecerdasan spiritual yang tinggi. Spiritual yang dimaksud meliputi keimanan, karakter(characterization), akhlak, iman, islam, ihsan. Namun pada kenyataannya nilai-nilai yang di internalisasikan untuk memperoleh kompetensi spiritual belum mampu mengubah karakter mahasantri secara menyeluruh. Penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang menjadi obyek penelitian serta menjadikan bapak mudir, pengajar kitab Hadis Arba’in sekaligus Mahasantri sebagai subyek dari penelitian ini. Hasil dari pada menginternalisasikan ini agar dapat diintegrasikan dalam nilai ukhuwwah, seperti kebaikan yang mengakar dalam insan pribadi mahasantri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan pemenuhan kecerdasan spiritual yang telah di ajarkan melalui pengajian kitab Hadis Arba’in An-Nawawi memiliki dampak positif terhadap banyak hal salah satunya mengenai keimanan serta ketakwaanya mahasantri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: AMIRUL HAQI 2270211004
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:16
Last Modified: 04 Sep 2024 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40955

Actions (login required)

View Item View Item