PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGANGKUTAN BARANG TERHADAP HILANGNYA BARANG KIRIMAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di PT J&T Express Cabang Kertapati Palembang)

Janeza, Zela Putri (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGANGKUTAN BARANG TERHADAP HILANGNYA BARANG KIRIMAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di PT J&T Express Cabang Kertapati Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover zela putri janeza.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack zela putri.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-1.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan social, ekonomi dan budaya yang memudahkan masyarakat apalagi di Aktivitas aplikasi jual beli saat ini semakin marak, ditambah dengan adanya aplikasi yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online yang sangat meningkat dan beragam. Dalam hal ini tentunya masyarakat membutuhkan fasilitas pendukung seperti transportasi untuk pengiriman barang tersebut. J&T adalah salah satu sekian ekspedisi yang ada di Indonesia yang dapat dipercaya untuk keamanan barang yang akan dikirimkan. Akan tetapi, meskipun terbilang dapat dipercaya seringkali terjadi kendala yang menjadi keluhan konsumen salah satunya seperti kehilangan barang kiriman. Dengan adanya kendala ini, pengguna jasa pengangkutan dirugikan karena pihaknya telah membayar sejumlah uang untuk mendapatkan layanan yang seharusnya didapatkan. Oleh karena itu, konsumen berhak atas perlindungan apabila dalam pengangkutan barangnya tidak sampai kepada konsumen. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ialah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan data kualitatif, dimana penulis mendatangi langsung tempat penelitian dengan cara mewawancarai beberapa informan PT J&T Express cabang Kertapati Palembang, supaya mendapatkan informasi yang sesuai dengan penelitian penulis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perlindungan yang diberikan PT J&T Express kepada konsumen yaitu berupa asuransi. Dengan asuransi J&T Express dapat memberikan ganti rugi 100% dari mulai harga barang dan ongkos kirim, untuk barang yang tidak menggunakan asuransi ganti rugi diberikan sebesar 10 kali lipat ongkir. Misalnya ongkir Rp 12.000, maka ganti rugi sebesar Rp 120.000 dan Jika kesalahan dari pihak J&T Express, ganti rugi akan sesuai kesepakatan kedua belah pihak atau diselesaikan secara kekeluargaan adapun menurut hukum islam atau hukum ekonomi syariah menganjurkan melalui musyawarah yang sesuai dengan anjuran agama Islam, Selama penyelesaian dan masalah ini masih bisa diselesaikan dengan baik dan musyawarah itu lebih baik. Kata Kunci : Perlindungan konsumen, pengangkutan barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Artikel tersebut berupa skripsi hukum ekonomi syariah membahas 1. Bagaimana perlindungan konsumen bagi pengguna jasa pengangkutan barang atas hilangnya barang kiriman di PT J&T Express Cabang Kertapati Palembang ? 2. Bagaimana perlindungan konsumen bagi pengguna jasa pengangkutan barang atas hilangnya barang kiriman dalam perspektif hukum ekonomi syariah di PT J&T Express Cabang Kertapati Palembang ?
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, pengangkutan barang
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Zela putri janeza
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:32
Last Modified: 13 Sep 2024 02:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41272

Actions (login required)

View Item View Item