ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA (Studi Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuker Jurnalistik Di SMA Negeri 17 Palembang ) (Skripsi)

DIANELA PUTRI, IQTAARA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA (Studi Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuker Jurnalistik Di SMA Negeri 17 Palembang ) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa (Studi Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 17 Palembang)”. Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran untuk memperluas wawasan serta peningkatan dan penerapan nilai-nilai pengetahuan dan kemampuan serta menjadi wadah bagi siswa yang ingin menggembangkan kemampuan menulis, khususnya dalam menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 17 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yakni menggambarkan dan menguraikan data yang di dapat dari informan yang telah peneliti tentukan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan verifying conclusion. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 17 Palembang sudah tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan menulis cerpen (a) mampu menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerpen, (b) mampu mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen berdasarkan kehidupan diri sendiri (tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang dan gaya bahasa) yang sudah tergolong baik dan siswa sudah memahaminya. Kelengkapan unsur-unsur penulisan cerpen juga sudah terlengkapi. Ada kemajuan yang didapatkan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? HM ??
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 21 Aug 2019 11:49
Last Modified: 21 Aug 2019 11:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item