Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Bagi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Cahyani, Nur Fadilah (2024) Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Bagi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER DIL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRACK DIL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1 DIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 2 DIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 3 DIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB 4 DIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB 5 DIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAPUS DIL.pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dengan adanya suatu masalah interaksi sosial yang sering terjadi dilingkungan mahasiswa. Interaksi sosial merupakan hubungan antara satu individu dengan indiviu yang lain sehingga setiap individu perlu melakukan interaksi sosial. Layanan konseling kelompok yaitu layanan dan konseling yang memungkinkan para mahasiswa memperoleh kesempatan untuk pembahasan yang di alaminya melalui dinamika kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial pada mahasiswa strategi layanan konseling kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan interaksi sosial dan peranan layanan konseling kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan interaksi sosial bagi mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Sample penenlitian ini menggunakan 9 mahasiswa dari setiap fakultas di UIN Raden Fatah Palembang yang ditentukan menggunakan teknik pusposive sampling. Setelah dilakukannya observasi pada klien yang memiliki permasalahan kurangnya interaksi sosial bahwa strategi yang dilakukan konselor untuk meningkatkan interaksi sosial pada klien ini dapat dikatakan berhasil dengan menggunakan teknik home room dimana teknik home room tersebut mampu menyelesaikan permasalahan interaksi sosial yang dialami mahasiswa serta penelitian ini didukung dengan terjalinnya hubungan yang baik antara klien dan konselor sehingga klien dapat bercerita tentang permasalahan yang mereka hadapi masing-masing. Hal ini dapat terlihat pada saat sesi berdiskusi dimana setiap klien mampu terbuka untuk menyampaikan apa yang menjadi permasalahan mereka. Keberhasilan dari teknik home room ini juga dapat dilihat dari perubahan selama proses konseling kelompok yang mampu merubah tekad dan cara pandang dari klien tentang fungsi serta manfaat dari interaksi sosial bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Interaksi Sosial, Teknik Home Room
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nur Fadilah Cahyani -
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:24
Last Modified: 07 Oct 2024 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41567

Actions (login required)

View Item View Item