PEMBEBANAN BIAYA TERHADAP AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA SEJAHTERA DI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH CABANG PALEMBANG

Kurniawan, Wahyu (2024) PEMBEBANAN BIAYA TERHADAP AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA SEJAHTERA DI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH CABANG PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB1 SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB2 SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3 SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4 SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5 SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Dapus SKRIPSI_Wahyu Kurniawan 2030104193-compressed.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Biaya dalam pembiayaan merupakan suatu kewajiban atau tanggung jawab yang harus dibayarkan untuk dapat memperoleh suatu manfaat yang diinginkan agar proses pembiayaan dapat berlangsung. Dalam penerapan akad musyarakah mutanaqiṣah pada produk pembiayaan griya sejahtera di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang, terdapat biaya-biaya yang muncul selama berjalannya akad tersebut yangmana penanggungan beban biaya hanya kepada salah satu mitra saja, tentunya hal ini menjadi permasalahan karena sejatinya akad musyarakah mutanaqisah ini merupakan akad kongsi atau kerjasama dalam hal kepemilikan barang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penerapan biaya dalam akad Musyarakah Mutanaqiṣah dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pertanggungan beban biaya secara sepihak dalam akad musyarakah mutanaqisah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode field research dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban biaya ditanggung seluruhnya oleh nasabah yaitu berupa biaya administrasi, biaya notaris, biaya appraisal, biaya asuransi terhadap objek akad, penetapannya dinyatakan secara mutlak dan angkaangka yang dicantumkan secara nilai riil tanpa adanya persentase dari jumlah total pembiayaan yang diajukan nasabah, biaya-biaya yang timbul tersebut merupakan biaya peralihan agar dapat berlangsungnya pencairan dana, yangmana penanggungannya telah sesuai dengan fatwa yang berlaku. Sebagaimana yang ditentukan dalam Fatwa MUI No.73/DSN-MUI/XI/2008 tentang musyarakah mutanaqiṣah yang menyebutkan biaya peralihan kepemilikan menjadi beban pembeli. Namun, jika ditinjau dari hukum ekonomi syariah, pembebanan secara sepihak ini mengandung unsur ketidakadilan antara para mitra, bentuk ketidakadilan karena mengabaikan kontribusi bank sebagai salah satu pihak yang memiliki kepentingan dalam pembiayaan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: WAHYU KURNIAWAN 2030104193
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:37
Last Modified: 11 Oct 2024 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41713

Actions (login required)

View Item View Item