PENERAPAN TERAPI DZIKIR UNTUK MEREDUKSI SELF INJURY ( Pada Klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir)

PINI, ALPIONITA (2024) PENERAPAN TERAPI DZIKIR UNTUK MEREDUKSI SELF INJURY ( Pada Klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Terapi Dzikir Untuk Mereduksi Self Injury (Pada Klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui self injury pada klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir Untuk mengetahui faktor penyebab self injury pada klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir dan Untuk mengetahui bagaimana penerapan terapi dzikir pagi bismikallah pada klien “Y” di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu klien “Y” yang mengalami self injury di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu penjodohan pola, eksplanasi data, analisis deret waktu. Hasil penelitian perilaku self injury pada klien “Y” yaitu bahwa ada perubahan perilaku yang muncul ketika kemauannya tidak dituruti seperti mudah merasa emosi, marah, kecewa, sulit untuk mengendalikan diri dan selalu menyendiri dan memendam semua masalah sendiri dan berakhir dengan cara melukai pergelangan tangan, membenturkan tangan kedinding, menjambak rambut, memukul tembok. Penerapan terapi dzikir yang dilakukan adalah pendisiplinan shalat lima waktu, puasa, dzikir pagi dan mengaji. Dengan cara penerapan terapi dzikir ini klien sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Dan terapi ini digunakan untuk memberikan ketenangan, kedamaian dalam diri klien setelah mengalami perasaan-perasaan yang bertentangan dengan dirinya untuk lebih menerima kenyataan dan menghadapi permasalahan yang dihadapi, karena Dzikir merupakan proses penyadaran diri sebagai hamba Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: terapi dzikir, self injury
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Pini Alpionita 1810502011
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:55
Last Modified: 16 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41806

Actions (login required)

View Item View Item