Annisa, Mutohharoh (2024) FUNGSI PENGAWASAN PEMBINA TAHFIDZ Al-QUR’AN MADRASAH ALIYAH AL-MU’AAWANAH DI DESA SEMBADAK, KECAMATAN PEMULUTAN, KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
bab i.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text
bab ii.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text
bab v.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Fungsi Pengawasan Pembina Tahfidz Al-Qur’an Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah di Desa Sembadak, Kecamatan Pemulutan, kabupaten Ogan Ilir”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi pengawasan terhadap program pembinaan tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengawasan terhadap program pembinaan tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dengan cara menerapkan lima tahapan dari teori yang dikemukakan oleh T. Hani Handoko: Tahap tindakan pengawasan meliputi tahap perencanaan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata, perbandingan dengan standar evaluasi dan juga tindakan koreksi untuk mengoptimalkan pembinaan tahfidz al-qur’an Madrasah Aliyah Al- Mu’aawanah. Faktor pendukung pembinaan tahfidz al-qur’an Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah yaitu memiliki sumber daya pendidik yang baik, Pembina tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah adalah seorang yang sudah berpengalaman dan ahli di dalam bidangnya, mereka membina berdasarkan metode dan pengalaman terbaik. Faktor penghambat yakni ketiadaan target hafalan, kurikulum, pembelajaran yang terstruktur, sehingga standar kualitas pembelajaran kurang optimal. Kesimpulan dari peneliti untuk Pembina tahfidz, diharapkan dapat menetapkan target hafalan, kurikulum, pembelajaran yang terstruktur, agar standar kualitas pembelajaran menjadi lebih baik dan target hafalan menjadi terarah dalam mencapai tujuan yang jelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ungsi Pengawasan, Pembina, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | ANNISA MUTOHHAROH 2020504026 |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:21 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41852 |
Actions (login required)
View Item |