FUNGSI PENGAWASAN PEMBINA TAHFIDZ Al-QUR’AN MADRASAH ALIYAH AL-MU’AAWANAH DI DESA SEMBADAK, KECAMATAN PEMULUTAN, KABUPATEN OGAN ILIR

Annisa, Mutohharoh (2024) FUNGSI PENGAWASAN PEMBINA TAHFIDZ Al-QUR’AN MADRASAH ALIYAH AL-MU’AAWANAH DI DESA SEMBADAK, KECAMATAN PEMULUTAN, KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
bab i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Fungsi Pengawasan Pembina Tahfidz Al-Qur’an Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah di Desa Sembadak, Kecamatan Pemulutan, kabupaten Ogan Ilir”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi pengawasan terhadap program pembinaan tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengawasan terhadap program pembinaan tahfidz qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dengan cara menerapkan lima tahapan dari teori yang dikemukakan oleh T. Hani Handoko: Tahap tindakan pengawasan meliputi tahap perencanaan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata, perbandingan dengan standar evaluasi dan juga tindakan koreksi untuk mengoptimalkan pembinaan tahfidz al-qur’an Madrasah Aliyah Al- Mu’aawanah. Faktor pendukung pembinaan tahfidz al-qur’an Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah yaitu memiliki sumber daya pendidik yang baik, Pembina tahfidz al-qur’an di Madrasah Aliyah Al-Mu’aawanah adalah seorang yang sudah berpengalaman dan ahli di dalam bidangnya, mereka membina berdasarkan metode dan pengalaman terbaik. Faktor penghambat yakni ketiadaan target hafalan, kurikulum, pembelajaran yang terstruktur, sehingga standar kualitas pembelajaran kurang optimal. Kesimpulan dari peneliti untuk Pembina tahfidz, diharapkan dapat menetapkan target hafalan, kurikulum, pembelajaran yang terstruktur, agar standar kualitas pembelajaran menjadi lebih baik dan target hafalan menjadi terarah dalam mencapai tujuan yang jelas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: ungsi Pengawasan, Pembina, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ANNISA MUTOHHAROH 2020504026
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:21
Last Modified: 17 Oct 2024 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41852

Actions (login required)

View Item View Item