Ayesha, Ayesha (2024) Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Jual Beli Melalui Marketplace Online Shopee. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER-1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB 1-5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Jual Beli Melalui Marketplace Online Shopee dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana jual beli dalam marketplace online Shopee dan jual beli melalui marketplace online Shopee menurut tinjauan etika bisnis Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di marketplace online Shopee yang berada di Kota Palembang. Hasil penelitian ini yaitu bahwa Marketplace online Shopee memberikan pelayanan yang baik bagi penggunanya dan memungkinkan penggunanya dapat berbelanja kapanpun dan dimanapun, selama tersedia fasilitas untuk mengakses internet. Dalam praktik bisnis Islam dan ekonomi berkaitan sangat erat dengan akidah dan syariah Islam sehingga seorang tidak akan memahami pandangan Islam tentang ekonomi dan bisnis tanpa memahami dengan baik akidah dan Islam. Kemudian prinsip kejujuran dan ketepatan selaras dengan dengan prinsip kebenaran, prinsip loyalitas selaras dengan prinsip keadilan, dan prinsip kedisiplinan selaras dengan prinsip tanggung jawab. Maka dapat dikatakan bahwa prinsip-prinsip etika bisnis sudah berjalan dan selaras dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Kepercayaan merupakan hal yang penting bagi konsumen, diharapkan penjual dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan dapat meningkatkan mutu konten serta pelayanan yang diberikan. Bagi konsumen sebelum melakukan transaksi jual beli online, sebaiknya lebih menggali atau mencari informasi sejelas-jelasnya terhadap spesifikasi produk yang ditawarkan penjual. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengambil sampel yang lebih banyak, hal ini bertujuan untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitiannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Etika Bisnis Islam, Shopee |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Ayesha Nim. 2020504062 |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:12 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/42354 |
Actions (login required)
View Item |