PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA’ARIFUL ULUM TALANG KELAPA PALEMBANG

Rahmawati, Ari (2021) PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA’ARIFUL ULUM TALANG KELAPA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI ARI.docx

Download (39kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Ari Rahmawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II Skripsi Ari Rahmawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Skripsi Ari Rahmawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Skripsi Ari Rahmawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Skripsi Ari Rahmawati.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pembinaan akhlak merupakan suatu usaha atau tindakan, dan kegiatan untuk menyempurnakan karakteristik atau tingkah laku yang sudah ada dalam diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran pembina asrama dalam pembinaan akhlak santri dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Ma‘ariful Ulum Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Field Research penelitian secara langsung di lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pembina asrama. Sedangkan informan pendukung ialah pimpinan/kepala pondok dan santri pondok pesantren Ma‘ariful Ulum Palembang. Selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik keabsahan data dilakukan dengan cara penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, yang pertama peran pembina asrama dalam pembinaan akhlak santri di pondok ini ialah ada beberapa peran yaitu sebagai pengganti kedua orang tua di rumah, sebagai pendidik dan pembimbing, dan sebagai suri tauladan bagi para santrinya. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak ini ialah: metode keteladanan, metode pengajaran, metode pembiasaan, metode pemberian hadiah dan hukuman. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak santri ada dua. Faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam seperti minat dan kebiasaan baik. Sedangkan faktor dari luar berasal dari pembina asrama, kerja sama pihak pondok dengan orang tua santri, dan sarana prasarana. Kata Kunci: Pembina Asrama, Pembinaan Akhlak Santri, Faktor-faktor Pembinaan Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembina Asrama, Pembinaan Akhlak Santri, Faktor-faktor Pembinaan Akhlak
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: ARI RAHMAWATI 1522100025
Date Deposited: 09 Dec 2024 05:00
Last Modified: 09 Dec 2024 05:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/42929

Actions (login required)

View Item View Item