Safilla, Laurentz Anne (2024) Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
cover.pdf Download (176kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (355kB) |
|
Text
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (273kB) |
Abstract
PT. Pegadaian (Persero) sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor keuangan yang melakukan transformasi digital dengan meluncurkan aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Berdasarkan pantauan pada situs Google Play Store tanggal 4 Mei 2024, aplikasi Pegadaian Syariah Digital memperoleh rating 2,9 dari skala 5. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat ulasan dengan rating rendah yang berasal dari ketidakpuasan atau masalah yang dialami pengguna. Namun belum diketahui apa yang menyebabkan ketidakpuasan tersebut. Ulasan yang jumlahnya banyak dan beragam menyebabkan kesulitan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi yang terkandung dalam ulasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa informasi yang terkandung dalam ulasan pengguna aplikasi Pegadaian Syariah Digital dengan analisis sentimen. Algoritma Naive Bayes diterapkan untuk mengklasifikasi ulasan aplikasi. Dari hasil pengklasifikasian, sentimen negatif dan positif dianalisis sebab akibat untuk mengetahui faktor penyebabnya yang kemudian divisualisasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan pemodelan algoritma Naive Bayes pada data baru yang berjumlah 441 ulasan, 266 (60,3%) memiliki sentimen negatif dan 175 (39,7%) memiliki sentimen positif. Nilai akurasi tertinggi untuk algoritma Naive Bayes dengan menggunakan 5-Fold Cross Validation dihasilkan pada fold ke-4 dengan akurasi mencapai 80%. Visualisasi hasil temuan penyebab dan akar permasalahan dari sentimen positif dan negatif digambarkan dengan diagram fishbone yang dibagi menjadi kategori process, product, people, price, dan place.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Diagram Fishbone |
Subjects: | Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi |
Depositing User: | Laurentz Anne Safilla 2030803096 |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 04:11 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 04:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/43086 |
Actions (login required)
View Item |