Iswara, Dwi Fuji (2024) PELAKSANAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN ANAK DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN KECERDASAN BAHASA DAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menguji pelaksanaan layanan perpustakaan anak dalam mengembangkan kecerdasan bahasa dan minat membaca di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan perpustakaan anak dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak. Dan untuk mengetahui hambatan dan upaya pustakawan dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa dan minat membaca pada anak di Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan dan orang tua anak yang berkunjung ke perpustakaan provinsi sumatera selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan perpustakaan anak dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa dan minat membaca mengacu pada kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dan koleksi buku yang menarik untuk dibaca serta tempat yang nyaman untuk kembali ke perpustakaan. Peran pustakawan adalah mendorong aktivitas anak, mengembangkan koleksi bahan pustaka dan melakukan langkah melihat kecerdasan anak dengan mengajaknya bercerita. Permasalahan utama yang sering dihadapi dalam mengembangkan kecerdasan berbahasa dan minat membaca adalah fokus dan konsentrasi anak yang mudah terganggu ketika membaca, sebagian besar anak terganggu ketika melihat temannya bermain. Dan batasi waktu untuk bermain dan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa mengajak anak ngobrol, bercerita, dan menceritakan sesuatu yang menarik agar anak bisa menceritakannya kembali, merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat membaca dan berbahasa. Kata Kunci: Kecerdasan berbahasa, Minat membaca, Perpustakaan anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan berbahasa, Minat membaca, Perpustakaan anak |
Subjects: | Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | DWI FUJI ISWARA 2030403080 |
Date Deposited: | 06 May 2025 06:49 |
Last Modified: | 06 May 2025 06:49 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45974 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |