ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL

DAMI, DAMI (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover Dami.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Salah satu layanan e-government di Indonesia yang sudah diterapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang ialah Website Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor). Terhadap penerapan Website Lapor masih terdapatnya beberapa kendala yaitu kurangnya respon dari instansi terkait dalam memberi tanggapan kemudian, Website Lapor juga masih sering terjadinya kendala teknis seperti bug/gangguan sistem. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy servqual yang fokus utamanya mengenai kepuasan pengguna yang terdapat lima dimensi : reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian ini dipakai untuk penelitian data berjenis kuantitatif/statistik dengan kuisioner yang sudah disahkan. Hasil dari penelitian ini adalah ketidakpuasan paling tinggi terletak pada jaminan¹ dengan nilai gap -5,37. Yang mengindikasikan bahwa adanya tingkat ketidakpuasan yang cukup signifikan, yang dimana pengguna mengharapkan layanan yang lebih baik dari yang mereka terima. Kemudian terdapat dua atribut yang memiliki nilai positif yaitu pada atribut Reliabilitas² dengan nilai 0,32 dan Daya Tanggap⁴ yang mendapatkan nilai 0,69 yang artinya dua atribut ini telah cukup memenuhi kepuasan penggunanya. Sehingga secara keseluruhan hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap website Lapor masih harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Karya Umum > Analisis dan desain sistem-sistem, arsitektur komputer, evaluasi daya guna komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: Dami 2030803113
Date Deposited: 28 May 2025 01:06
Last Modified: 28 May 2025 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46802

Actions (login required)

View Item View Item