HARIZKI, ALDO (2025) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM SEKTOR KULINER DI KAWASAN PEMPEK 26 ILIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
![]() |
Text
Cover Aldo.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
Abstrak Aldo.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Aldo.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 2 Aldo.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Aldo.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Aldo.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Aldo.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Aldo.pdf Download (202kB) |
Abstract
Strategi pemasaran syariah menjadi pendekatan yang relevan dalam meningkatkan daya saing usaha di sektor kuliner. Kawasan Sentra Kuliner Pempek 26 Ilir Palembang merupakan kawasan strategis yang sebagian besar profesi penduduknya berjualan. Dalam aktivitas bisnis tentu terdapat persaingan antar toko dan juga perbedaan minat calon konsumen terhadap pembelian suatu produk. Maka itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran syariah yang dilakukan oleh para pelaku usaha kuliner di kawasan Kampung Pempek 26 Ilir Palembang dalam meningkatkan daya saing. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif melalui wawancara secara langsung terhadap para pelaku usaha di kawasan ini. Hasil Penelitian menunjukan bahwa UMKM sektor kuliner di kawasan Pempek 26 Ilir palembang telah menerapkan strategi pemasaran yang memiliki pendekatan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah sehingga beberapa toko telah berhasil dalam memuaskan minat konsumen serta memiliki daya saing lebih tinggi daripada usaha kuliner yang tidak menerapkannya. Namun masih ada beberapa toko yang tertinggal yang hanya menggunakan strategi pemasaran tradisional melalui penggunaan banner di depan toko maupun promosi dari mulut ke mulut. Kurangnya pemahaman mengenai konsep pemasaran syariah juga menjadi salah satu faktor bahwa belum seluruh toko disini menerapkan strategi pemasaran syariah. Dengan mengoptimalkan strategi pemasaran syariah dan dibantu peran aktif dari berbagai pihak sekitar akan sangat membantu pelaku usaha dalam mengimplementasikan pemasaran syariah secara efektif sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Syariah, Daya Saing, Pempek |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Aldo Harizki NIM. 2120602051 |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |