HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PHUBBING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA GENERASI Z DI ERA DIGITAL

Alevri, Meilinda Fauzima (2025) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PHUBBING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA GENERASI Z DI ERA DIGITAL. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ALEVRI MF COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
ALEVRI MF ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
ALEVRI MF BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
ALEVRI MF BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
ALEVRI MF BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
ALEVRI MF BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
ALEVRI MF BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
ALEVRI MF DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Perilaku Phubbing dengan Motivasi Belajar Pada Generasi Z Di Era Digital” penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena phubbing di lingkungan mahasiswa yang dapat mengganggu produktivitas dan konsentrasi belajar sehingga bisa menyebabkan turunnya motivasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada generasi Z di era digital. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 22 Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam yang berjumlah 79 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling (sampling jenuh), sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 79 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jumlah 27 pernyataan, dengan dasar pengambilan keputusan jika rHitung > rTabel maka pernyataan tersebut dinyatakan valid. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment, dengan pengambilan keputusan berdasarkan pada jika nilai pearson correlation > rTabel maka terdapat hubungan diantara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pearson correlation (0,460) > rTabel (0,221) ini maknanya terdapat hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada mahasiswa dengan tingkat hubungan “sedang”. Penetapan hubungan tersebut diambil berdasarkan interpretasi yang berada pada interval antara 0,40-0,599. maknanya hubungan antara kedua variabel di tingkat “sedang”. Dalam artian masih banyak faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar dan perilaku phubbing hanya salah satu dari faktor tersebut, contohnya dukungan keluarga, lingkungan belajar, dan kondisi kesehatan saat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku Phubbing, Motivasi Belajar, Generasi Z
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Alevri Meilinda Fauzima 2110502017
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:19
Last Modified: 18 Jun 2025 08:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47219

Actions (login required)

View Item View Item