Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Facebook Pada Masyarakat Desa Permis Dan Rajik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Leonita, Afriza (2025) Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Facebook Pada Masyarakat Desa Permis Dan Rajik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover Afriza Leonita (2110602015).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf

Download (319kB)
[img] Text
Bab I Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Afriza Leonita (2110602015).pdf

Download (172kB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital serta meningkatnya penggunaan media sosial telah membawa perubahan besar dalam perilaku konsumen terutama dalam proses pembelian produk secara daring. Facebook, sebagai salah satu situs di dunia yang terpopuler, digunakan untuk lebih dari sekedar berinteraksi, tetapi juga menjadi sarana pemasaran dan transaksi jual beli, termasuk dalam pembelian makanan. Penelitian ini bertujuan guna memahami bagaimana promosi, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan melalui aplikasi Facebook pada masyarakat Desa Permis dan Rajik, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 96 responden terdiri dari masyarakat pengguna aplikasi Facebook sebagai media transaksi jual beli makanan. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner berbasis google form yang dibagikan lewat media sosial, sehingga masyarakat dapat mengisi pertanyaan step by step dengan penentuan pilihan jawaban menggunakan skala likert, serta berupa hard file yang disebarkan secara langsung oleh peneliti. Teknik pengolahan data dengan mengaplikasikan software Smart PLS 4.0 dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan promosi, kemudahan, dan kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan melalui aplikasi Facebook. Nilai t-statistik untuk variabel promosi 3,418 > 1,96 dengan p-value 0,001 < 0,05. Variabel kemudahan dengan t-statistik 2,062 > 1,96 dan p-value 0,039 < 0,05. Variabel kepercayaan mempunyai t-statistik 2,615 > 1,96 t-tabel, dengan p-value adalah 0,009 < 0,05. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha untuk lebih fokus dalam meningkatkan kualitas promosi, mempermudah proses pembelian, serta membangun kepercayaan pelanggan guna memaksimalkan pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Facebook. Kata Kunci: Facebook, Keputusan Pembelian, Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Facebook, Keputusan Pembelian, Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Situasi dan Kondisi Ekonomi Indonesia
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Produksi dan industri
600 Teknologi > Manajemen
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Afriza Leonita 2110602015
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:27
Last Modified: 18 Jun 2025 08:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47238

Actions (login required)

View Item View Item