PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 PALEMBANG

Zadh, Atikah Nora (2019) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
1.COVER-ABSTRAK.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I FIX.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II FIX.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III FIX.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB IV FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik untuk Menumbuhkan Keterampilan Menulis Siswa di MAN 3 Palembang”. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa MAN 3 Palembang. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik untuk menumbuhkan motivasi keterampilan menulis siswa, (2) upaya yang dilakukan ekstrakurikuler jurnalistik untuk menumbuhkan motivasi keterampilan menulis siswa, (3) faktor penghambat yang dialami selama proses kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dan menguraikan data yang didapat dari informan yang telah peneliti tentukan. Menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian meunjukkan bahwa: Pertama, ekstrakurikuler jurnalistik cukup berperan untuk menumbuhkan motivasi keterampilan menulis siswa, sebagai sarana mengasah keterampilan menulis, mengembangkan potensi dan minat menulis, menambah pengetahuan tentang menulis, berkompetisi, ajang menunjukan hasil karya tulis, dan sebagai media penampung aspirasi tulisan siswa. Kedua, upaya yang dilakukan ekstrakurikuler jurnalistik untuk menumbuhkan keterampilan menulis yaitu dengan mempublikasikan hasil tulisan dan prestasi siswa, membuat majalah, menampung dan menerima segala bentuk aspirasi karya tulis siswa, memberikan motivasi secara personal, mengadakan kompetisi menulis, memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dalam menulis. Ketiga, faktor penghambat selama kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik berlangsung yang dibagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal, faktor internal yaitu faktor waktu,kurangnya kesadaran diri siswa, kurangnya ide atau gagasan dari siswa, dan fasilitas, sedangkan faktor eksternalnya adalah peraturan sekolah, kecemburuan sosial, kurangnya koordinasi antara pihak guru, pembina dan kepala sekolah, kurangnya event-event yang berkaitan dengan menulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:46
Last Modified: 31 Oct 2019 02:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item View Item