Fitri, Azzahra Ramadhini (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENJAHIT BELLA JALAN KH WAHID HASYIM NOMOR 736 KECAMATAN SEBERANG ULU 1 KOTA PALEMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan, desain produk, dan kualitas produk mempengaruhi daya saing usaha kecil dan menengah (UKM) di era modern. Kualitas layanan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan konsumen karena membuat mereka merasa nyaman dan dihargai, sekaligus mencerminkan nilai keadilan dalam ajarn Islam. Desain produk yang mengikuti tren namun tetap sopan sesuai dengan nilai-nilai Islam juga dapat meningkatkan kepuasan konsumen, terutama bagi wanita Muslim yang menginginkan pakaian modis namun tetap sesuai syariat. Selain itu, kualitas produk yang baik, tahan lama, dan sesuai pesanan membantu membangun kepercayaan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa tiga variabel tersebut sangat penting agar usaha kecil dan menengah (UKM) bisa bersaing di pasar sekaligus menjalankan usaha sesuai dengan nilai-nilai Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Penjahit Bella. sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan Purposive Sampling, yaitu pengambilan pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 konsumen Penjahit Bella. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui responden kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dianalisis menggunakan uji validitas, ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Variabel yang dianalisis meliputi kualitas layanan, desain produk, kualitas produk, dan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ; pertama, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen ; kedua, desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen ; ketiga, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen ; keempat, kualitas layanan, desain produk, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Desain Produk, dan Kualitas Produk. |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Azzahra Ramadhini Fitri 2130602238 |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:57 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |